30.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 12:14
PosBeritaKota.com
Nasional

Ujicoba Jaringan, MENKOMINFO RUDIANTARA Sebut Indonesia 2020 ‘Merdeka Internet’

SANGIHE (POSBERITAKOTA) – Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, mengatakan tahun 2020 mendatang, tepatnya 75 tahun setelah merdeka, Indonesia akan menikmati kemerdekaan dalam bidang internet.

Ia menyebut tahun 2020, seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses internet dengan mudah, lancar dan murah. Dengan kata lain, Indonesia sudah memasuki era ‘Merdeka Internet’.

Saat uji coba jaringan “Palapa Ring Tengah” di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna ia mengatakan fasilitas jaringan internet terus ditingkatkan oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi.

“Dengan berfungsinya fasilitas ini, semua pelayanan kepada masyarakat akan semakin mudah seperti kepentingan sekolah, puskesmas, bandara/pelabuhan serta pelayanan publik lainnya,” kata Menkominfo.

Ia mencontohkan untuk bidang pendidikan bisa dilakukan pembelajaran jarak jauh oleh para guru serta dosen di lembaga pendidikan yang lebih maju. Pelayanan publik lainnya yang saat ini sudah menggunakan fasilitas internet untuk perijinan investasi di kota provinsi yang bisa dilakukan dengan mudah.

“Beberapa kota termasuk Jakarta sudah menggunakan fasilitas internet termasuk mengurus ijin yang bisa selesai dalam beberapa jam,” kata Rudiantara.

Pada saat uji coba jaringan Palapa Ring Tengah, juga dilakukan ‘video call’ oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kominfo Rudiantara, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Bupati Sangihe Jabes Gaghana yang berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek serta pejabat negara lainnya yang berada di Jakarta dan Bandung. ■ RED/ANT/AYID

Related posts

Usai Resmi Ditunjuk Gerindra, BALONGUB SUDRAJAT Malah Diserang Hoax

Redaksi Posberitakota

TINJAU PABRIK BERSAMA MENDAG, KAPOLRI PASTIKAN AWASI DISTRIBUSI & HARGA MINYAK GORENG DI PASAR

Redaksi Posberitakota

Gonjang-ganjing Berujung, SUHARSO MONOARFA Dilengserkan & Muhamad Mardiono Jadi Plt Ketum PPP

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang