Habiskan Dana Rp 150 M, PASAR IKAN MODERN Muara Baru Jadi Destinasi Wisata

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Revitalisasi gedung dan kawasan Pasar Ikan Modern Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, kini tinggal finishing dan siap dioperasikan. Gedung yang terdiri dua lantai ini siap menampung lebih dari 1.000 tempat usaha yang terdiri dari pasar basah dan kering serta kukiner sea food.

Pemugaran gedung Pasar Ikan Modern Muara Baru, di Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, akan diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam waktu dekat ini.

“Kalau ini sudah dioperasikan, maka akan menjadi destinasi wisata perikanan dan olahannya,” ujar Walikota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau saat menghadiri peringatan HUT ke-29 Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia, yang digelar di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Minggu (27/1).

Syamsuddin menambahkan nantinya para pengunjung atau wisatawan dapat menikmati panorama pesisir laut sambil berbelanja jajan ikan bakar, goreng, dan lainnya di Muara Baru.

“Wisatawan bisa berkunjung ke laut sambil belanja ikan dan menikmati pemandangan yang indah. Apalagi akses ke Pasar Ikan Modern Muara Baru mudah dijangkau,” ujarnya, Peremajaan pasar ikan ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 150 miliar.

Sementara Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Risyanto Suanda menjelaskan, menginjak usia perusahaan ke-29 pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan, termasuk pelayanan umum Pelabuhan Perikanan Muara Baru, Jakarta Utara.

“Dulu kita hanya mengelola pelabuhan, sekarang punya pasar modern. Kita harapkan akan ada ribuan pedagang dan konsumen dari seluruh Indonesia datang ke sini” ucapnya.

Dijelaskan Risyanto, revitalisasi Pasar Ikan Muara Baru menjadi pasar modern merupakan salah satu penugasan pemerintah pusat yang menjadi agenda utama perusahaan. Bangunan baru pasar sudah rampung dibangun dan tinggal finishing saja sambil menunggu peresmian.

“Fasilitasnya cukup lengkap, menyediakan fasilitas wet market, dry market, fresh market, ikan beku, olahan, kuliner dan pedagang pendukung. Di lantai bawah terdapat 900 kios dan lantai atas sekitar 120-an. Nanti akan diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan bersama Gubernur DKI Jakarta,” katanya. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here