Terbuka Bagi Masyarakat, KERETA LRT JAKARTA Siap Ujicoba 2 Minggu

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kereta Light Rail Transit (LRT) Jakarta akan diuji coba untuk umum mulai Jumat tanggal 15 Februari. Uji coba moda transportasi berbasis rel dengan rute Kelapa Gading – Rawamangun direncanakan berlangsung selama dua minggu.

Saat ini PT Jakpro bersama anak perusahaannya PT Jakarta masih terus berupaya menyelesaikan berbagai sarana dan prasarana serta fisik kereta. Uji coba ini dilakukan untuk memastikan seluruh sistem LRT berjalan dengan baik sebelum resmi dioperasikan.

Direktur Proyek PT LRT Jakarta, Iwan Takwin mengatakan, uji coba penuh LRT sebelumnya telah dilakukan. Namun uji coba ini perlu kembali dilangsungkan untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik.

“Baik itu operator, Operation Control Center (OCC), tanggap darurat dan lain sebagainya. Uji coba ini akan dilaksanakan 15 Februari selama dua pekan untuk memastikan semua sistem sebelum resmi,” katanya, Rabu (13/2).

Baca Juga:  Partainya Selalu Terbuka, SEKJEN HASTO KRISTIYANTO Silahkan Ahok Bergabung di PDIP

Rute LRT fase pertama ini jaraknya cuma sekitar 6 kilometer antara Depo Kelapa Gading dan Stasiun Velodrome Rawamangun. Dalam uji coba ini masyarakat diperbolehkan untuk ikutan naik LRT yang masing-masing kereta terdiri dari empat rangkaian gerbong. Selama uji coba, penumpang tidak dipungut bayaran alias gratis.

Iwan mengharapkan bahwa operator benar-benar siap dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan standard operational procedure (SOP) mulai dari tiketing, keamanan, perjalanan kereta, dan sebagainya.

Dalam hal ini pihaknya juga sudah membangun stasiun di Rawamangun yang terintegrasi dengan shelter busway. “Jadi, penumpang LRT dapat langsung mengakses ke Bus Transjakarta dan sebaliknya,” papar Iwan. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan