Peringgati HUT ke-125 MH Thamrin, DKI Gelar Lomba & Hiburan di Stadion VIJ

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka memperingati perjuangan MH Thamrin khususnya di bidang olahraga sepakbola, Pemprov DKI Jakarta bersama Perkumpulan Betawi Kita (PBK) mengadakan Festival 125 Tahun MH Thamrin. Festival bertemakan ‘Jungkir Balik Demi Jakarta’ ini akan dilaksanakan di Lapangan VIJ, Jl. Petojo VI, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/2).

Sebelum pelaksanaan festival, panitia menggelar seminar bertemakan ‘Dari Stadion VIJ menuju Stadion MH Thamrin: Thamrin Memulai, Anies Baswedan Mewujudkan’ diadakan di Blok G Lantai 22, Gedung Balaikota Jakarta. “Seminar ini menghadirkan pembicara Sejarawan JJ Rizal, tim penulis buku ‘Gue Persija’ Abdillah Afiif, dan saya sendiri,” ujar Iwan Takwin sebagai perwakilan BUMD DKI Jakarta, PT Jakpro di Balaikota, Jumat (15/2).

Dalam seminar ini, Iwan juga menerangkan paparan progres rencana pengembangan kawasan Taman BMW sebagai markas Persija yang direncanakan target ground breaking pada bulan Maret mendatang.

“Kegiatan ini salah satu bentuk dukungan kami dan usulan kami supaya markas Persija di Taman BMW nanti diberi nama MH Thamrin. “Beliau tidak hanya berbicara tentang kampung dan nasib orang kampung, kemiskinan maupun tentang politik. Tapi, beliau juga seorang yang berjuang untuk mendukung persepakbolaan di Tanah Air. Dan pada saat itu, sepakbola sebagai salah satu alat perjuangan politik,” ujar Ketua Perkumpulan Betawi Kita, Roni Aldi.

Baca Juga:  Disantuni LIRA, ANAK YATIM Doakan LSM Pejuang Aspirasi Rakyat Berjaya

Festival 125 Tahun MH Thamrin sendiri akan dimeriahkan dengan pameran foto ‘Sejarah VIJ hingga Persija: MH Thamrin, Politik dan Sepak Bola Kebangsaan’, Bazaar, Senam Bersama, Lomba Stand Up Comedy, berbagai pertunjukan kesenian khas Betawi, dan pertandingan sepak bola. Kegiatan ini akan berlangsung sejak pagi hingga sore hari dan mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta.

“Untuk besok, kita mengadakan Festival 125 Tahun MH Thamrin langsung di lapangan sepakbola VIJ di Cideng yang merupakan stadion milik Persija pada masa lalu. Besok kita akan mengadakan senam untuk acara paginya. Dan ada pertandingan sepak bola persahabatan antara Persija Oldstars dengan warga kampung feat dengan pak Gubernur dan Pak Sekda. Jadi, kita ingin menunjukkan keberpihakan kepada warga kampung yang harus dibela oleh pemerintahan sekarang,” ungkap Roni.

Selain itu beberapa pertunjukan juga akan dihadirkan pada Festival 125 Tahun MH Thamrin, antara lain pertandingan Persijap Kartini Jepara dengan Putri BMIFA Banten, lomba stand up comedy bertema ‘Sepak Bola dan Orang Kampung’, Gambang Rancak, Palang Pintu ‘Sikumbang Tenabang’, Orkes Melayu Glow Beat, Irsya D’Academy, Kojek Rap Betawi, dan band Gondal-Gandul. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan