Diikuti 60 IKM Multiproduk, DPE DKI JAKARTA Gelar Pameran di Balaikota

    JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya meningkatkan pemasaran hasil wirausaha binaan, Dinas Perindustrian dab Energi (DPE) DKI Jakarta menggelar pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM). Pameran multi produk yang digelar selama empat hari berlangsung di Blok G Komplek Gedung Balaikota DKI.

    Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala DPE DKI Jakarta Ricky Marijohan Mulia mengatakan pameran ini diikuti 60 IKM binaan yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti kuliner, fashion, kerajinan dan lainnya. Pameran akan berlangsung hingga 28 Pebruari mendatang.

    “Kegiatan dengan tema ‘Menjadikan IKM
    DKI Jakarta yang Inovatif, Kreatif, dan Mandiri (JAK-IKM) secara resmi saya nyatakan dibuka mulai hari ini sampai Kamis nanti,” ujar Ricky saat membuka pameran di Balaikota, Senin (25/2).

    Ricky menambahkan peserta yang turut serta dalam kegiatan ini berjumlah 60 IKM yang
    terdiri dari IKM binaan DPE. Mereka sebelumnya mengikuti rangkaian program pelatihan dan pendampingan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) di
    tingkat kecamatan dengan berbagai macam komoditi.

    “Pada tahun ini, kami merencanakan akan melakukan kegiatan semacam ini sebanyak 20 kali guna membantu pemasaran IKM,” ujar Ricky didampingi Kepala Bidang Industri DPE DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo.

    Baca Juga:  Di Sirnas Djarum 2019 Palembang, PB EXIST JAKARTA Borong 8 Gelar Juara

    Ricky menambahkan penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyediakan wadah
    bagi pengembangan ekonomi kreatif dan untuk membudayakan penggunaan produk kreatif dalam negeri,khususnya DKI Jakarta melalui bantuan fasilitasi promosi dan pemasaran.

    “Secara khusus, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini di antaranya untuk
    memperkenalkan para pelaku IKM khususnya sektor industri kreatif secara utuh, memberikan informasi pasar kepada IKM, meningkatkan
    kreativitas dan inovasi para pelaku IKM secara mandiri, dan
    mendorong pencapaian target pemasaran yang merupakan bagian dari kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu,” bebernya.

    Sejumlah peserta pameran mengaku senang dilibatkan dalam program tersebut. “Kami senang sekali bisa ikut pameran di sini. Ini menjadi kesempatan kami untuk mempromosikan produk sekaligus mendapatkan binaan untuk meningkatkan kuitas,” ujar Yeni, pengusaha bidang fashion.

    Hal senada diungkapkan Wulan bahwa sejak menjadi binaan DPE usaha kulinernya makin maju. “Produk makanan kami kink makin dikenal masyarakat dan sudah banyak yang pesan katering untuk kantor maupun pesta,” ungkapnya.

    Pameran yang digelar di gedung serbaguna itu ramai pembeli, karena ribuan PNS DKI yang sedang beristirahat banyak yang mampir. ■ RED/JOKO/G

    Beri Tanggapan