Jual Sembako Bersubsidi ke Buruh, ANIES Resmikan Gerai LEM di Cakung

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gerai sembako murah bagi kaum pekerja. Gerai yang berlokasi di Jl Komaruddin No. 16 Kel. Cakung Barat, Jakarta Timur itu dibangun PD Pasar Jaya bekerja sama dengan Sekretariat Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Logam Elektronik dan Mesin (LEM).

Anies mengatakan gerai yang menyediakan pangan dengan harga sangat terjangkau tersebut merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya dan SPSI dalam menghadirkan keadilan sosial, khususnya bagi buruh Ibukota. “Gerai ini pertama kalinya kita realisasi bersama-sama dengan teman-teman serikat pekerja,” ujar Gubernur Anies saat peresmian Gerai LEM, Selasa (26/2).

Dalam kegiatan Anies juga secara simbolis menyerahkan Kartu Pekerja kepada buruh di kawasan Cakung. “Kartu Pekerja sebagai salah satu upaya Pemprov DKI mengentaskan kemiskinan. Dengan kartu ini para buruh bisa membeli sembako dengan harga murah di gerai milik pemprov,” paparnya.

Anies juga menegaskan upaya mengentaskan ketimpangan di Ibukota harus dilakukan bersama-sama, salah satunya melalui Gerai SPSI LEM yang menghadirkan kebutuhan pangan bersubsidi.

“Nanti kita bangun lebih banyak. Kalau bisa di seluruh Jakarta, kita memiliki gerai-gerai seperti ini. Gerai ini harus hadir di manapun, di tempat yang kita nilai memiliki kebutuhan pangan bersubsidi. Begitu kita melihat kampung yang di sana ada kemiskinan yang ekstrem, di situ kita harus hadir. Begitu di sana kita menyaksikan ada industri di mana para pekerja yang bekerja dengan upah di ambang batas, kita harus hadir. Kita harus hadir di tempat-tempat yang membutuhkan,” jelas Anies.

Gubernur pun mengharapkan manfaat atas kebijakan penyediaan kebutuhan pangan murah mampu dirasakan pekerja dan buruh di sektor lain seperti pendidikan. Bahkan berharap, mudah-mudahan gerai tersebut menjadi pembuka bagi masyarakat.

Baca Juga:  Dibuka Anies di Balaikota DKI, RAKER ASKOMPSI Dihadiri Perwakilan Dinas Kominfotik se-Indonesia

“Berikan kepada kita masukan sebagai pengguna, apa yang perlu kita tingkatkan dari gerai ini. Karena tugas kita dan PD Pasar Jaya bertanggung jawab untuk bisa terus-menerus melakukan peningkatan layanan. Dan peningkatan itu hanya bisa terjadi kalau kita bisa mendapatkan feedback lebih banyak lagi. Jadi, saya berharap diberikan feedback. Nanti disiapkan untuk kita secara serius melayani warga dan feedback-nya, sehingga kita bisa terus-menerus meningkat,” terang Anies.

Gubernur kemudian memotong pita sebagai tanda peresmian Gerai LEM Pekerja Cakung sekaligus berkeliling meninjau langsung kondisi di dalamnya. Secara umum, Gerai LEM Pekerja Cakung menjadi bagian dari ekosistem dan mendukung kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan ketahanan pangan, logistik, dan perdagangan yang berada dekat pemukiman warga dan lingkungan pekerja.

“Gerai ini merupakan jaringan distribusi ke-32 milik PD Pasar Jaya yang sejauh ini telah tersebar di seluruh DKI Jakarta, baik berbentuk JakGrosir, Jakmart, Mini DC, Mitra Pap n Mam Store dan berbagai gerai lainnya,” jelasnya.

Perlu diketahui, harga berbagai jenis sembako bersubsidi di Gerai LEM Pekerja Cakung antara lain daging sapi Rp 35.000,- /kg, daging kerbau Rp 30.000,- /kg, daging ayam Rp 8.000,- /kg, telur ayam Rp 10.000,- /tray (15 butir), beras kualitas premium Rp 30.000,- /5 kg, ikan kembung Rp 13.000,- /kg (isi 6-7 ekor), susu UHT Rp 30.000,- /karton (24 pack), dan masih banyak lagi lainnya. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan