Kerjasama dengan PT ILA, PEMPROV DKI Luncurkan Aplikasi Jakarta Aman

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Indonesia Lebih Aman (ILA) meluncurkan sistem keamanan dalam sebuah aplikasi smartphone bernama Jakarta Aman. Peluncuran tersebut ditandai dengan penandatangan perjanjian antardua pihak di Balaikota DKI.

Penandatanganan dilakukan oleh founder Jakarta Aman, Muhammad Fardhan Khan dan Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, M Saefullah, yang disaksikan langsung oleh Gubernur Anies Baswedan.

Menurut Anies, rasa aman warga merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh pemerintah. “Jakarta harus diikhtiarkan menjadi kota aman bagi semua. Apalagi mereka yang rentan terhadap ancaman. Sehingga, perlu sistem yang menjamin keamanan warga yang didukung teknologi digital,” jelas Anie, Selasa (12/3).

Sistem keamanan yang dimaksud Anies adalah sistem menuntut kesinambungan, baik antara warga dengan pihak-pihak yang berwenang terkait keamanan, maupun warga dengan lingkungannya sendiri. Hadirnya aplikasi Jakarta Aman ini lantas mampu menjawab tantangan tersebut.

Aplikasi yang disusun ini memungkinkan hal tersebut, karena menghubungkan masalah warga langsung ke pihak terkait, serta memberi tahu warga terdekat agar cepat menolong.

Anies juga mengajak seluruh jajarannya beserta warga DKI untuk mengunduh aplikasi Jakarta Aman agar tercipta komunitas yang saling menjaga dan merespons dengan cepat suatu kejadian/masalah.

Baca Juga:  Hadir di Sidang Paripurna DPRD DKI, ANIES Sampaikan Realisasi Pelaksanaan APBD 2018

“Kita ingin aplikasi Jakarta Aman betul-betul berfungsi. Maka dari itu, saya mengajak seluruh warga intuk men-download aplikasi ini, sehingga antar pengguna saling bantu dan menghadirkan rasa aman di kota ini,โ€ tandas Anies.

Founder Jakarta Aman, Muhammad Fardhan Khan, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen bersama Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan fitur di dalam aplikasi karyanya, agar ke depan dapat membantu menutup celah sistem pelaporan warga, sehingga dapat mempercepat penanganan suatu kejadian.

โ€œKami bersama Pemprov DKI Jakarta berkomitmen terus meningkatkan beragam fitur di Jakarta Aman, agar dapat semakin menghubungkan antar warga,โ€ ujar Fardhan.

Aplikasi Jakarta Aman merupakan sebuah aplikasi keamanan antar masyarakat yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berkolaborasi dengan PT Indonesia Lebih Aman.

Aplikasi ini dapat diluncurkan juga atas hasil sinergi antar berbagai SKPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, antara lain BPBD DKI Jakarta, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, serta unit terkait. โ–  RED/JOKO/G

Beri Tanggapan