Penuhi Permintaan Airin, ANIES Perintahkan Transjak Perbanyak Rute ke Tangsel

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya kini memperbanyak layanan angkutan umum yang berhubungan dengan wilayah Tangerang Selatan. Bahkan PT Transjakarta telah menambah armadanya maupun mengintegrasikan dengan angkutan lainnya agar terpadu dengan rute kereta MRT Jakarta.

“Saya sudah meminta kepada PT Transjakarta untuk memenuhi keinginan Walikota Tangsel Ibu Airin,” ujar Anies di Jakarta, Sabtu (23/3). Beberapa hari sebelumnya Airin saat ikut menjajal kereta MRT menyampaikan hal tersebut.

Sedangkan permintaan Walikota Airin untuk mengakomodir warganya yang sebagian besar bekerja di Jakarta agar lebih mudah mobilitasnya.

Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono membenarkan pihaknya mulai hari Jumat (22/3/2019), telah merealisasi layanan angkutan umum yang bersinggungan dengan Tangsel. “Rute baru tersebut antara lain BSD- Bundaran Senayan (S12), Bintaro-Blok M (S31), Pondok Cabe-Tanah Abang (S41), Jatijajar-Lebak Bulus (D21), dan Cinere-Kuningan (D31),” ujar Agung.

Menurutnya, rute-rute baru ini terintegrasi dengan MRT Jakarta. Baik itu Stasiun Sisingamangaraja maupun Stasiun Lebak Bulus. “Dengan transportasi umum, publik bisa menuju sejumlah stasiun MRT,” paparnya. Agung menjelaskan, untuk layanan Bintaro-Blok M (S31), BSD-Bundaran Senayan (S12), Cinere-Kuningan (D31) menggunakan layanan premium, Royaltrans, dalam melayani masyarakat.

Baca Juga:  Pemprov DKI Beri Bantuan, SEKDA SAEFULLAH Temui Korban Kebakaran Tambora

Untuk jalur Pondok Cabe-Tanah Abang (S41) dan Jatijajar-Lebak Bulus (D21) beroperasi bus Metrotrans dengan tarif reguler. “Kelima rute ini melayani masyarakat mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB,โ€ ujar Agung.

Agung juga menambahkan bahwa bus Metrotrans memiliki kapasitas 68 orang, dengan 41 tempat duduk. Sedangkan bus Royaltrans disediakan kursi untuk 30 orang. Dengan MRT Jakarta, tambah Agung, Transjakarta juga sudah ada layanan integrasi dengan program angkutan mikro, Jak Lingko, rute Lebak Bulus-Pondok Labu (JAK3), Petukangan-Lebak Bulus (JAK32), dan Ragunan-Lebak Bulus (JAK45). Serta rute Dukuh Atas – Sam Ratulangi (DA1), Dukuh Atas – Tanah Abang (DA2), Dukuh Atas – Kuningan (DA3), dan Dukuh Atas – Kota (DA4).

“Kami yakin mulai Senin besok yang mana merupakan hari kerja, maka rute baru tersebut akan ramai penumpang,” tandas Agung. โ–  RED/JOKO/G

Beri Tanggapan