32.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 13:27
PosBeritaKota.com
Nasional

Antisipasi Bencana Banjir, BPBR TANGERANG-BANTEN Bikin Pos Pelayanan

TANGERANG (POSBERIKOTA) – Dalam upaya mengantisipasi banjir dan bencana lainnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mendirikan pos di Kecamatan Kronjo dan Cisauk. Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Agus Suryana di Tangerang, Kamis (28/3/2019) mengatakan pos itu didirikan bertujuan mendekatkan pelayanan dengan warga di lokasi rawan.

Agus Suryana menyebut selama ini di Cisauk sering banjir ketika musim hujan karena banyak kawasan perumahan yang letaknya rendah. Bahkan, di Cisauk juga sering terjadi bencana tanah longsor karena lokasi pemukiman warga berada di perbukitan. Pemukiman penduduk di Kronjo sering diterjang banjir karena letaknya berdekatan dengan Sungai Cidurian, maka perlu upaya segera bila terjadi bencana.

Pada dua pos pelayanan tersebut juga disediakan mobil pemadam ebakaran dan perahu karet serta peralatan penunjang lainnya. Sedangkan pos pelayanan di Cisauk dan Kronjo sudah dibangun sejak tahun 2018, tapi belum diaktifkan.

Dia mengatakan kedua pos itu ditempatkan 15 petugas BPBD setempat yang berkerja secara bergiliran untuk siaga di lokasi. Dia mengharapkan keberadaan pos tersebut membuat warga yang berada di lokasi rawan bencana terasa tenang karena kehadiran petugas.

Hal tersebut karena selama ini kantor BPBD setempat berada di Kecamatan Curug yang dianggap relatif jauh bagi warga yang berada di Kronjo dan Cisauk. Untuk tahun anggaran 2019, pihaknya membeli 10 unit pemadam kebakaran ukuran sedang karena selama ini dianggap kurang.

Menyangkut penambahan petugas, pihaknya belum mendapatkan persetujuan dari DPRD setempat meski sudah diusulkan, demikian Agus Suryana. ■ RED/PBK/AYID

Related posts

Tol Road Tangerang-Merak Telah Berlakukan Transaksi Non Tunai

Redaksi Posberitakota

Sungai Ciwidey Meluap, Banjir Landa Bandung

Redaksi Posberitakota

Senator DKI Jakarta, Dailami Firdaus Beri Apresiasi ke Polri Cepat Tetapkan Tersangka Kasus Holywings

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang