28.6 C
Jakarta
25 April 2024 - 11:32
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Upaya Memetakan Data Kemiskinan Terbaru, PEMPROV DKI Lakukan Pemutakhiran

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya pemetaan kemiskinan terbaru, Pemprov DKI Jakarta segera melakukan pemutakhiran Basis Data Terpadu (BDT). Kegiatan berupa verifikasi dan validasi data tersebut akan dimulai tanggal 10 April sampai 6 Juli 2019 dengan mengerahkan 761 petugas lapangan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah. “Basis Data Terpadu (BDT) merupakan sumber dari segala sumber data untuk penanganan fakir miskin,” ujarnya di Balaikota DKI Jakarta, Senin (8/4).

Pihaknya mengerahkan 761 petugas untuk melakukan pemutakhiran BDT di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Irmansyah menjelaskan bahwa melalui pemutakhiran BDT tersebut dapat diidentifikasi secara tepat dan cepat kelompok sasaran yang akan menerima manfaat dan tujuan program berdasarkan kriteria keikutsertaan.

“Mereka yang mendapatkan bantuan sosial haruslah yang benar-benar berhak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan,” terangnya.

Ia juga menambahkan untuk pemutakhiran perlu terus dilakukan secara berkala karena bisa saja terjadi perubahan-perubahan berkaitan dengan inklusif error seperti, meninggal dunia, pindah rumah, ataupun kesejahteraannya sudah meningkat.

“Ada juga eksklusif error. Artinya, ada warga yang semestinya berhak mendapatkan bantuan, namun belum terdata,” tandasnya.

Untuk diketahui bahwa pemutakhiran di wilayah Jakarta Pusat akan dilaksanakan pada 10-21 April, Kepulauan Seribu 11-13 April, Jakarta Utara 22 April-7 Mei, Jakarta Timur 8-22 Mei, Jakarta Barat 23 Mei-23 Juni, dan Jakarta Selatan pada 24 Juni-6 Juli.

Irmansyah mengimbau agar masyarakat termasuk pengurus RT RW mendukung kegiatan tersebut dengan memberikan data yang sebenarnya. ■ RED/JOKO/G

Related posts

Setor Nyawa, DUA PELAJAR Bekasi Tenggak Miras Oplosan Sepulang Sekolah

Redaksi Posberitakota

DAILAMI FIRDAUS : Gerai 212 Mart untuk Mengembalikan Kedaulatan Ekonomi Umat

Redaksi Posberitakota

Untuk Keamanan & Kenyaman Rayakan Malam Tahun Baru 2024, DISHUB DKI Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang