Dukung Program Penghijauan di DKI, 800 SISWA SMP-SMA Dibekali Pelatihan Pertamanan & Pertanian Kota

    JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya mendukung penghijauan lingkungan, Dinas Kehutanan DKI Jakarta menggelar pelatihan pertamanan bagi para pelajar di tingkat SD dan SMP. Pada tahun ini targetnya adalah melatih sekitar 800 murid dari sekolah yang memiliki ruang terbuka hijau atau yang dinamakan Taman Maju Bersama (TMB).

    Para siswa secara dini diajarkan untuk menanam dan merawat tanaman hias maupun pohon yang lazim terdapat di lahan taman. Mereka juga dibekali tentang pengetahuan dan manfaat pepohonan yang baik bagi lingkungan maupun kesehatan makhluk hidup. Tujuannya agar para siswa mencintai pertamanan sebagai bagian dari program penghijauan atau pelestarian alam.

    Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat (PSM) Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Yunitya Sari mengatakan, hingga saat ini sudah dilakukan empat kali pelatihan. “Tiap pelatihan diikuti 150 siswa sehingga totalnya sudah menyentuh 600 murid,” ujarnya pada kegiatan pelatihan keempat, Sabtu (13/4).

    Untuk pelatihan pertamanan diadakan di Taman Maju Bersama atau TMB. Pada tahap awal, target peserta adalah pelajar dari sekolah-sekolah yang terdekat dengan TMB.

    Baca Juga:  Waduh, KPI : Banyak Program Ramadhan di Layar TV Bermuatan Kekerasan

    Ia menambahkan, materi pada pelatihan pertamanan yang diberikan kepada para pelajar mencakup pertanian perkotaan, perbanyakan tanaman, dan merangkai bunga sederhana. “Mereka bisa melakukan praktik langsung sekaligus melakukan pengamatan terkait tumbuh kembang tanaman yang mereka tanam di media pot,” ungkapnya.

    Menurutnya, selain mengedukasi pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, pelatihan pertamanan bertujuan untuk mendorong murid sekolah berkegiatan dan belajar memanfaatkan ruang terbuka hijau (RTH) sesuai tujuan awal dibangunnya TMB sebagai tempat interaksi warga.

    “Kami terus mendorong agar TMB bisa menjadi wadah interaksi murid sekolah. Dari sekolah ke taman cukup jalan kaki dan berkegiatan bersama,” tandasnya.

    Yunitya menjelaskan bahwa dalam melaksanakan pelatihan pertamanan, Dinas Kehutanan juga menggandeng Komunitas Berkebun dan Komunitas Floral Akademi.

    “Pelatihan pertamanan selanjutnya akan diadakan di TMB Taman Apung, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, pada 30 April mendatang,” pungkasnya. ■ RED/JOKO/G

    Beri Tanggapan