32.7 C
Jakarta
20 April 2024 - 13:25
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Berkantor di Pulau Sabira, ANIES Pastikan Listrik Beroperasi 24 Jam Nonstop

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkantor di Pulau Sabira, yang merupakan pulau terluar dan wilayah paling utara dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Dalam kunjungan kerjanya itu meninjau sejumlah fasilitas publik yang menjadi kebutuhan dasar di Pulau Sabira guna memastikan pembangunan di pulau tersebut telah terlaksana dengan baik, terutama terpenuhinya kebutuhan dasar listrik, air bersih dan transportasi antar pulau.

“Pulau Sabira adalah pulau terdepan di Ibukota Jakarta. Jadi, tujuan hari ini adalah melihat kemajuan yang sudah dilaksanakan dalam beberapa waktu ini. Kita bersyukur bahwa masyarakat pun merasakan kebahagiaan akibat konektivitas yang lebih baik, kebutuhan dasar air, dan listrik yang lebih baik. InsyaAllah dengan begitu mereka akan bisa lebih sejahtera di tempat ini,” ujar Anies, Selasa (16/4)

Sebagaimana diketahui, warga di Pulau Sabira merupakan bagian dari Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Penduduk Pulau Sebira berjumlah kurang lebih 500 jiwa yang terdiri atas empat Rukun Tetangga (RT) dan 170 Kepala Keluarga (KK).

Anies juga menyampaikan terkaitb pelayanan listrik 24 jam untuk warga sudah dapat dinikmati sejak awal Januari 2019. Selain itu, Brackish Water Reverse Osmosis (BWRO) menjadi alat andalan pemerintah setempat untuk mengolah air payau menjadi air minum, sehingga kebutuhan air bersih warga pun mampu terpenuhi dengan baik.

“Alhamdulillah, mulai 1 Januari (2019), listrik beroperasi 24 jam di tempat ini, maka di siang hari pun kegiatan produktif warga bisa menggunakan listrik. Lalu, penyediaan air bersih yang semula dikelola oleh masyarakat saja, sekarang dikelola oleh pemerintah dan volume produksinya menjadi jauh lebih tinggi,” ucap dia.

Menurut Gubernur DKI Jakarta itu lebih lanjut bahwa untuk connectivity (transportasi antara pulau), Pemprov DKI menyiapkan kendaraan dari Dinas Perhubungan seminggu tiga kali yang bisa menjangkau ke Sabira dalam waktu 2 jam, mulai bulan Februari kemarin,” jelas Anies di hadapan warga.

Pada bagian lain, Anies juga menegaskan bahwa hal yang tidak kalah penting adalah warga merasa diakui oleh pemerintah. Dalam arti, warga di Pulau Sabira merasa bukan saja pembangunan di wilayahnya telah berjalan dengan baik, tetapi juga perhatian dan hubungan terbangun dengan baik dari pemerintah, baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten.

“Warga tadi menyampaikan Gubernur terakhir datang ke sini tahun 85 atau 89-an, berarti (sekitar) 30 tahun yang lalu. Ini yang tadi saya sampaikan, mereka adalah bagian dari kami. Karena itu, sudah seharusnya kita di Pemprov DKI, dari mulai jajaran Gubernur sampai dengan Bupati dan jajarannya, itu rutin datang ke tempat ini. Pak Bupati Alhamdulillah selama bertugas di sini mungkin beliau termasuk yang paling banyak, sudah 5 kali datang ke Pulau Sabira ini,” tuturnya. ■ RED/JOKO/G

Related posts

Upaya Kembangkan Koperasi Masyarakat, DINAS KUMKMP DKI Gelar Diklat di Jaksel

Redaksi Posberitakota

Sidang Paripurna DPRD, SANDI Resmi Mundur dari Kursi Wagub DKI

Redaksi Posberitakota

Diwarnai Aksi Gebrak Meja, RAPAT ANTAR PEMILIK Apartemen ITC Roxi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang