26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 06:35
PosBeritaKota.com
Nasional

Rayakan Hari Jadi ke-418, KABUPATEN TEGAL Gelar Operasi Gratis 25 Penderita Katarak

SLAWI (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 25 warga Kabupaten Tegal menjalani operasi katarak secara gratis di RSUD Dr. Soeselo, Slawi. Untuk acara bakti sosial tersebut merupakan serangkaian kegiatan hari jadi ke-418 Kabupaten Tegal di tahun 2019 ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah, mengapresiasi kinerja para dokter di RSUD Dr. Soeselo karena telah membantu proses jalannya operasi katarak gratis secara lancar.

“Sudah kangen sama cucu-cucunya ya Bu dan Pak? Nanti setelah perban dibuka, panjenengan sudah bisa lihat cucunya yang cantik dan ganteng,” ujar Umi kepada pasien katarak yang rata-rata sudah lanjut usia, Kamis (25/4).

Umi berharap dengan adanya kegiatan sosial ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya. Selain itu peringatan hari adi ke-418, juga diharapkan dapat membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tegal.

Ditempat yang sama, Plt. Direktur RSUD Dr. Soeselo, Hendadi Setiadji menjelaskan bahwa semula terdapat 106 penderita katarak yang akan menjalani operasi gratis. Namun dari total penderita yang ada, hanya terdapat 25 penderita katarak yang memenuhi syarat yang bisa dilakukan operasi.

“Semua ada 28 warga yang sudah memiliki JKN, sehingga bisa menggunakan kartu JKN. Sementara sisanya bola mata belum matang. Ada pula yang menderita gula darah dan tekanan darah tinggi, sehingga mereka belum bisa diikutkan tahun ini,” jelasnya.

Menurut Hendadi, selain diadakan operasi katarak gratis, juga dilakukan pemberian kartu JKN untuk bayi yang baru lahir dari keluarga tidak mampu. Dengan total penerima 5 bayi. Jauh sebelum itu, pada 23 Maret lalu, diadakan operasi bibir sumbing gratis di RSUD Suradadi. ■ RED/CAHYO NG/GOES

Related posts

Bikin Pelatihan Khusus Program Santripreneur, BAZNAS Bertekad Dorong Kemandirian Santri Berwirausaha

Redaksi Posberitakota

Prajurit TNI Melaksanakan Bakti Sosial di Mesjid Firdaus Sudan-Afrika

Redaksi Posberitakota

Brebes ‘Pintu Gerbang’ Masuk Jawa Tengah yang Kian Populer

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang