Merayakan May Day Tak Harus Demo, PEMPROV DKI Gelar Silaturahmi & Bagikan Kartu Pekerja

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –Merayakan hari Buruh Internasional atau yang sering disebut dengan May Day, tidak harus selalu melalui kegiatan demo yang menimbulkan kemacetan dan rasa tidak bagi masyarakat luas. Tetapi merayakan dengan cara bersilaturahmi sambil membagikan Kartu Pekerja dilakukan jajaran Pemprov DKI Jakarta di tiap wilayah kota.

Salah satu contohnya adalah Pemkot Jakarta Pusat menggelar pertemuan dengan perwakilan buruh dari empat perusahaan di wilayah tersebut. Mereka mendapatkan Kartu Pekerja yakni kartu jaminan sosial dari Pemprov DKI bagi kalangan pekerja berpenghasilan maksimal 10 persen dari UMP DKI tahun 2019.

Pada kesempatan ini Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantata membagikan 209 Kartu Pekerja tahap lima kepada para pekerja swasta tersebut.

Pembagian Kartu Pekerja yang bertepatan dengan Hari Buruh ini dilakukan secara simbolis di Ruang Pertemuan Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Pusat. “Kartu Pekerja yang dibagikan ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov DKI Jakarta kepada pekerja di Ibukota. Dengan kartu ini, para pekerja bisa mendapatkan berbagai jaminan sosial,” ujar Bayu, Rabu (1/5).

Baca Juga:  Ada Teror Bom Jelang Ramadhan di Kampung Melayu Jaktim

Jaminan sosial tersebut antara lain gratis naik bus Transjakarta dan angkutan pendukungnya, dapat digunakan membeli sembako murah tiap bulan, dan lainnya.

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat, Fidiyah Rokhim menambahkan, pembagian kartu dari 209 kartu, kita bagikan secara simbolis kepada 30 pekerja, sedangkan sisanya diserahkan di tempat kerja masing-masing,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Khairunnisa Sutisiani (23), salah satu penerima Kartu Pekerja merasa bersyukur bisa mendapat kartu ini. Sebab, kartu tersebut dinilai memiliki beragam manfaat.

“Dengan adanya Kartu Pekerja, kita bisa belanja murah dan naik Transjakarta gratis. Ini sangat meringankan beban saya,” tandas pekerja pabrik konveksi.

Kegiatan serupa juga dilakukan Pemkot Jakarta Selatan yang juga menggelar pertemuan dengan sejumlah pengurus serikat pekerja serta pemberian Kartu Pekerja.

Pada kegiatan tersebut dibuka oleh Walikota Jaksel Isnawa Adji didampingi Kepala Sudin Nakertrans. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan