Diikuti Semua Instansi, BUPATI TEGAL Resmi Menutup Ajang ‘Slawi Expo 2019’

SLAWI (POSBERITAKOTA) – Ajang ‘Slawi Expo 2019’ yang berlangsung sejak 30 April hingga 4 Mei kemarin, resmi ditutup Bupati Tegal, Hj Umi Azizah, Sabtu (4/5) kemarin. Sedangkan kegiatan itu sendiri merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-418 Kabupaten Tegal dan diadakan di Taman Rakyat Slawi (TRASA).

Seluruh instansi yang ada di lingkungan Kabupaten Tegal ikut ambil bagian. Tujuannya untuk membangun harmonisasi dan kebersamaan antar sesama anggota masyarakat, akibat sempat terpecah lantaran pelaksanaan sepanjang masa kampanye hingga jelang pencoblosan Pemilu 2019.

“Jadi, kami menggelar event Slawi Expo 2019 ini, juga sekaligus untuk memajukan UMKM sebagai pelaku usaha di Kabupaten Tegal. Baik itu dari segi pemasaran maupun pengembangan produknya,” tegas Hj Umi.

Menurut Bupati Tegal lebih lanjut, karena hanya dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri, ketergantungan pada produk impor tentu saja bisa dikurangi.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti, mengungkapkan bahwa kegiatan yang dikunjungi lebih dari 10.000 pengunjung juga menghasilkan transaksi jual beli senilai Rp 1 milyar. Angka tersebut belum termasuk pendapatan retribusi parkir kendaraan bermotor.

Baca Juga:  Berharap Rahmat & Keberkahan, HJ ELVA WANIZAH Yakin Masalahnya Selesai di Bulan Ramadhan Ini

Ditambahkan Suspriyanti pada gelaran ‘Slawi Expo 2019’ juga dilakukan penjurian lomba stand untuk kategori penilaian untuk stand-stand Organisasi dan Perangkat Daerah (OPD). Penilaian stand tersebut meliputi aspek kesesuaian tema (firmitas), penempatan, pemanfaatan ruang, tata letak, kebersihan serta keindahan (venusitas). “Namun untui aspek terakhir yakni ketepatan dan ketaatan waktu pelaksanaan” jelas dia0.

Pemenang juara I diraih Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dengan total nilai 564. Selanjutnya, RSUD dr. Soeselo Slawi sebagai juara II (562) dan Dinas Lingkungan Hidup meraih juara III (556).

Sedangkan untuk kategori UMKM juara I difondol stand Hasil Karya Kerajinan Kayu Jati Belanda Desa Tanjungharja Kecamatan Kramat dengan total nilai 562. Juara II diraih oleh Pengrajin Sapu Sorgum Mulya Jaya Desa Sidamulya Kecamatan Warureja dengan nilai 554 dan juara III dinobatkan kepada stand Koperasi Anggrek Jaya dengan nilai 548. ■ RED/CAHYO NG/GOES

Beri Tanggapan