Tingkatkan Ukhuwah Warga Ibukota, ANIES Hadiri Taraweh Akbar di Masjid Istiqlal

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Tarawih Akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5). Tarawih Akbar ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan jajaran Pemprov DKI Jakarta di bulan Ramadan.

Dalam sambutannya, Anies menyampaikan rasa syukur lantaran Tarawih Akbar di tahun kedua ini dipenuhi jemaah warga Jakarta dari berbagai wilayah Ibukota.

“Kita bersyukur ini tahun kedua Tarawih Akbar yang diadakan oleh Pemprov DKI. Insya Allah malam ini malam penuh berkah, dan doa yang terkirimkan di tempat ini juga lebih banyak, karena banyaknya jemaah yang hadir di sini,” ujar Anies.

Ia menjelaskan, Masjid Istiqlal merupakan lokasi yang tepat, karena menjadi masjid kebanggaan Indonesia. Ditambah lagi dengan digelarnya Tarawih Akbar seperti ini, harapannya dapat mempererat silaturahmi antar warga Jakarta.

“Malam ini memang diniatkan sebagai kesempatan untuk mempererat ukhuwah di antara kita karena kita menyadari Ibukota adalah simpul persatuan di Indonesia. Saya garisbawahi yang unik adalah persatuannya. Insya Allah diberikan kemudahan,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Anies juga menjelaskan mengenai pembangunan infrastruktur hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan pihak Masjid Istiqlal yang kini sedang dikerjakan. Infrastruktur tersebut berupa taman yang juga akan menjadi sarana bagi warga untuk bersilaturahmi.

Baca Juga:  Politisi PDIP Steven Musa Sosialisasi Perda No 6/2015, WARGA DKI Punya Hak Kepariwisataan

“Terkait Istiqlal, kita akan tunaikan dan teruskan kerja sama. Termasuk membangun fasilitas di mana akan mendukung habluminannas (ikatan persaudraan), serta program untuk mengumrohkan marbot-marbot,” paparnya.

Anies berharap datangnya bulan Ramadan selain sebagai upaya untuk lebih khusyuk beribadah, juga sebagai upaya untuk membereskan persoalan sosial di Jakarta, seperti kemiskinan dan ketimpangan.

“Jakarta punya masalah ketimpangan dan kemiskinan. Maka dari itu, saya mengajak seluruh warga DKI untuk ikut membereskan dengan menambah kegiatan sosial. Kami di Pemprov DKI juga memiliki program iftar- iftar di kampung-kampung, sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Jakarta,” tandasnya.

Untuk diketahui, acara Tarawih Akbar ini didahului dengan buka puasa bersama, dengan disediakan makanan berbuka bagi 10.000 orang di Masjid Istiqlal. Diselenggarakan pula siraman rohani bertemakan Keistimewaan Ibadah di Bulan Ramadan yang dilakukan menjelang berbuka puasa dan tarawih. ■ RED/JOKO/S

Beri Tanggapan