Sempat Tutup 2 Hari Dampak Demo, PASAR TANAH ABANG Buka Lagi Mulai Jumat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa situasi Ibukota pascakerusuhan pemilu, sudah kembali kondusif. Untuk itu, seluruh pedagang di komplek Pasar Tanah Abang yang sempat tutup selama dua hari, dipastikan sudah buka kembali pada hari Jumat tanggal 24 Mei 2019.

Hal itu disampaikan Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin bersama sejumlah tokoh Tanah Abang dan pedagang. “Berdasarkan arahan dari Bapak Gubernur, para pedagang di kawasan Pasar Tanah Abang sudah bisa buka toko lagi,” ujar Arief di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).

Untuk itu, Arief berusaha meyakinkan kepada para pedagang untuk berjualan seperti biasa sambil aktif mengikuti perkembangan situasi.

Menurutnya, kawasan Pasar Tanah Abang yang terdiri dari empat blok yakni A, B, F, dan G terdapat sekitar 17 ribu pedagang. “Omset penjualan tiap harinya diperkirakan antara Rp 100 miliar dan Rp 200 miliar. Jadi, kalau tutup selama dua hari saja lantaran akses jalan ditutup, maka potensi kerugian sangat besar. Dan jika tutupnya berlarut-larut dapat mengganggu roda ekonomi secara nasional,” papar Arief pada acara yang dihadiri mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lulung Lunggana.

Baca Juga:  Jalur Tol Bandung dan Cikampek Mulai Ramai Kendaraan Arus Balik Lebaran

Menurutnya, pembukaan kembali perdagangan Tanah Abang dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan aparat keamanan baik TNI maupun Kepolisian. “Untuk keamanan di sini terdapat 300 personel gabungan yang selalu siaga di kawasan Tanah Abang,” jelasnya.

Arief mengakui masih cukup banyak pedagang yang was-was. “Sejumlah pedagang, keluhannya cuma satu yakni keamanan. Namun, pedagang maupun masyarakat diminta tetap waspada sesuai situasi keamanan Jakarta. Namun, kita pastikan semua aman,” tegasnya.

Terlebih, ungkapnya, akses transportasi baik KRL, Transjakarta maupun angkot sudah berjalan dengan baik.

Tokoh masyarakat Tanah Abang, Abraham Lunggana mengatakan, penutupan Tanah Abang merupakan imbas dari kegiatan unjuk rasa di Bawaslu pada 21-22 Mei kemarin. Dia memastikan, keamanan Tanah Abang tetap kondusif pasca kerusuhan.

“Apa yang disampaikan Pak Gubernur bahwa roda perekonomian tetap jalan. Apalagi Pak Kapolres memastikan situasi kondusif. Maka, silahkan pedagang tetap buka lagi seperti biasanya,” kata pria yang akrab disapa Lulung tersebut. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan