Digelar di Stasiun KA Senen, POSKO BAZNAS Layani Pemudik Kereta Kelas Ekonomi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka memberikan pelayanan kepada para pemudik, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka ‘Posko Mudik Penumpang Kereta Ekonomi’ di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Tidak hanya itu, lembaga pengelola zakat ini juga menggelar posko serupa untuk penumpang bus maupun pengendara sepeda motor.

Direktur Rumah Sehat BAZNAS, dr. M. Rido mengatakan posko yang di Stasiun KA Senen yang dibuka sejak Sabtu kemarin memberikan layanan kesehatan dan pembagian takjil. “Kami memberikan layanan kesehatan antara lain pemeriksaan tekanan darah dan lainnya serta pemberian obat,” ujar Rido di Stasiun KA, Jakarta Pusat, Minggu, (2/6).

Menurutnya, banyak pemudik yang mengalami sakit ringan seperti flu, pusing kepala dan tensi darah. Mereka diberikan obat sesuai penyakitnya.
Rido bersama tim kesehatan melakukan peninjauan lokasi posko bersama Senior Manager Kesehatan PT KAI DAOP 1 Jakarta dr. Listyowati dan Wakil Kepala BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Taufiq Hidayat.

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta, mengatakan posko ini dibuka untuk memberikan pelayanan secara gratis kepada pemudik kereta kelas ekonomi yang akan pergi ke kampung halaman menggunakan kereta api.

“Posko BAZNAS di Stasiun Pasar Senen sudah dibuka sejak Sabtu kemarin. Pelayanan yang diberikan berupa layanan kesehatan, obat-obatan, makanan dan takjil gratis, juga tempat untuk beristriahat,” katanya, di Jakarta.

Ia juga menambahkan bahwa tidak hanya berada di Stasiun Pasar Senen, BAZNAS juga membuka Posko Mudik Jalur Sepeda Motor di sejumah titik di jalur selatan, utara, dan Yogyakarta, yakni di Masjid Baiturohim Jalan Dewa Pakijangan Brebes, Masjid Jami Al Mahdiyin Desa ciaro NagregBandung, dan SPBU Ambarketawang Sleman Yogyakarta.

Dalam pelayanannya dilakukan oleh BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), dan BAZNAS Provinsi. Posko layanan mudik tersebut memberikan pelayanan berupa pijat gratis, layanan dapur air, tempat beristrirahat, dan layanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dan perawat dari Rumah Sehat BAZNAS (RSB).

Arifin mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga diri dan kewaspadaan selama menjalani libur lebaran, terutama masyarakat yang pergi ke kampung halaman menggunakan sepeda motor. Menurutnya kecelakaan yang terjadi akan menimbulkan kemiskinan yang baru.

“Posko BAZNAS memberikan pelayanan kepada para pemudik secara gratis, posko ini melayani pemudik hingga H+ 7 Lebaran,” katanya. ■ RED/JOKO/S

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here