Jalin Kolaborasi, UNAS & KEMENPORA Dorong Kemajuan Wirausahawan Muda Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Universitas Nasional (Unas) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sepakat menjalin kolaborasi dengan tujuan untuk mendorong kemajuan para wirausahawan muda di Indonesia.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan, mengatakan bahwa yang terpenting dalam upaya membangun kemandirian ekonomi bangsa adalah dengan mencetak wirausaha muda. Para wirausaha muda harus mempunyai kemampuan melakukan inovasi dan kreatifitas dalam mengoptimalkan potensi diri menjadi aktual, bermakna, berdimensi ekonomi serta bermanfaat bagi sesama.

“Sejauh ini bisnis yang sangat digemari oleh wirausahawan muda adalah hal-hal dalam industri kreatif, kira-kira ada sekitar 15 sampai 16 sektor industri kreatif itu sangat diminati oleh anak muda. Contohnya seperti kuliner, fashion, pertunjukan, seni dan hal-hal seperti itu,” ujar Imam Gunawan di Aula Universitas Nasional, Senin (24/6).

Ditambahkan Imam kalau dirinya mengira kondisi seperti itu apabila dimasukkan ke dalam unlimited kreativiti itu tidak terhingga, kemungkinan berkembangnya juga sangat tidak terhingga dan itu sangat sesuai dengan karakternya masing-masing serta passionnya masing-masing yang dipadukan dengan jaman masa kini, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mendukung untuk itu semua. Jadi industri kreatif menjadi pilihan utama anak muda.

Oleh karenanya, lanjut dia, di dalam upaya meningkatkan motivasi anak muda untuk menjadi wirausahawan, Kemenpora banyak sekali memberikan motivasi. Salah satunya dengan mempertemukan para wirausahawan muda kepada sosok-sosok yang memiliki cerita sukses atau keberhasilan mereka dalam berwirausaha dan menceritakan jatuh bangunnya mereka dalam berwirausaha serta menuju kesuksesan dan sebagainya.

“Dari situ apabila diantara mereka yang memiliki kesamaan permasalahan problematika bisa mendapatkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga kami meyakini dengan cara seperti itu para wirausahawan muda akan termotivasi dan keberaniannya dalam berbisnis juga akan semakin kuat serta akan diperkuat juga oleh para mentor-mentor kiat-kiat apa saja untuk para wirausahawan muda untuk memulai bisnisnya,” tegasnya.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Nasional, Zainul Djumadin, menuturkan dengan adanya kerjasama antara Unas dan Kemenpora dalam kuliah kewirausahawan pemuda dirinya berharap agar para mahasiswa Unas antusias untuk berwirausaha.

“Pada gilirannya, kuliah kewirausahaan ini bukan hanya sedekar menjadi alternatif. Namun bisa menjadi sebuah kebutuhan bagi mahasiswa Unas. Mudah-mudahan kegiatan dengan Kemenpora ini terus berlanjut,” ucap Zainul, penuh harap. ■ RED/AGUNG F/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here