26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 04:21
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Pembangunan di Bidang Informasi, ANIES Berharap Bisa Kerjasama dengan Pengurus Baru PWI Jaya

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Insan pers yang tergabung dalam lembaga Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi DKI Jakarta/PWI Jaya, diharapkan dapat terus berperan sebagai mitra kerja Pemprov DKI untuk membantu menginformasikan program pembangunan serta penyelenggaraan pelayanan publik untuk masyarakat.

“Kami sangat membutuhkan kerjasama yang baik,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Baru PWI Jaya Periode 2019 – 2024, di Balaikota, Selasa (2/7).

Karenanya, kata Anies, kita semua wajib mengucap syukur alhamdulillah karena bisa menjadi saksi pelantikan pengurus baru. Saat ini peran pemerintah menjadi penting kembali di dalam rujukan informasi. Dalam proses ini, institusi pemerintah dan PWI tetap harus menjadi mitra kerja.

“Kami mendapat aspirasi lewat media, media mengungkapkan masalah di dalam masyarakat, karena itu diterima sebagai fakta untuk kita bereskan bersama. Jadi, ini sebuah kolaborasi penting yang harus kita dorong bersama,” tandas Anies.

Selain itu, ia juga berharap dalam penyampaian informasi penyelenggaraan pembangunan di Jakarta, para insan pers menyampaikannya dengan mengedepankan prinsip-prinsip independen, konstruktif, seimbang, obyektif dan bertanggung jawab.

“Karena itu, peran media atau wartawan justru sebagai penjuru untuk menbangun kepercayaan yang ada di republik ini. Karena itu, kita bicara independensi, objektivitas karena penjurunya itu, kepercayaan. Ini yang ingin coba kita sama-sama lakukan,” paparnya.

Gubernur Anies pun menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi dan sinergi PWI Jaya yang selama ini telah ditanamkan dan dibangun bersama. Ke depan, diharapkan PWI Jaya dapat terus meningkatkan dan menguatkan sinergi, koordinasi, dan kerja sama dalam penyampaian berita atau informasi yang bermanfaat bagi kepentingan pengembangan dunia pers, pemerintah, dan masyarakat di Jakarta.

“Mudah-mudahan pengurus PWI Jakarta akan bisa menjadi pemancar kepercayaan bagi masyarakat,” ucapnya.

Perlu untuk diketahui bahwa para Pengurus Baru PWI Jaya ini dilantik oleh PWI Pusat melalui Surat Keputusan Nomor: 060-PGS/PP-PWI/2019 tentang Pengesahan Susunan Pengurus PWI Provinsi DKI Jakarta Masa Bakti 2019-2024. Adhi Wargono diamanatkan sebagai Ketua PWI Jaya pada periode ini.

Seusai pelantikan pengurus baru, PWI Jaya juga mengumumkan adanya Lomba Karya Jurnalistik MH Thamrin, yang kembali digelar atas kerjasama PWI Jaya dengan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik)) DKI Jakarta.

Ketua Panitia Pelaksana Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2019, Tubagus Adhi, menjelaskan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, karya jurnalistik yang akan dilombakan ini dapat dikirim langsung ke Sekretariat Panitia MHT 2019 d/a Sekretariat PWI Jaya, di Gedung Prasada Sasana Karya atau Gedung Bank DKI, Jalan Soeryopranoto No. 8, Jakarta Pusat.

“Peserta lomba dapat menyerahkan materi asli lomba, dari hasil karya jurnalistik sejak periode 1 Juni 2018 hingga 31 Mei 2019,” kata Tubagus Adhi.

Pihak penyelenggara masih menerima penyerahan karya-karya peserta hingga 15 Juli 2019. Karya jurnalistik yang dilombakan berhubungan dengan pembangunan Ibukota Jakarta. Baik itu terkait dengan pelayanan, infrastruktur, lingkungan hidup, kemacetan, sumber daya manusia dan lain sebagainya.

Ada tujuh kategori yang akan dilombakan, yakni Tajuk Rencana, Artikel Umum, Artikel Layanan Publik, Foto, Feature Siaran TV, Feature Siaran Radio, serta Feature Online. ■ RED/JOKO/G

Related posts

Dinilai Adil, WARGA APRESIASI PEMPROV DKI JAKARTA Memperluas Cakupan Penerima Manfaat KLJ

Redaksi Posberitakota

Kongres Pembentukan FKKSMN, KOMITE SEKOLAH Diminta Jangan Mau Jadi Lembaga Stempel

Redaksi Posberitakota

Minggu 10 September Besok, KONI DKI JAKARTA Gelar ‘Jalan Sehat’ Tempuh Jarak Sepanjang 6 KM

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang