PosBeritaKota.com
Megapolitan

Jadi Irup Rapat Raksasa Ikada, ANIES Ingatkan Jajarannya Berjuang Pertahankan Kemerdekaan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan seluruh jajarannya untuk terus mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Semua ini merupakan upaya dalam melaksanakan hikmah dari peristiwa Rapat Raksasa Ikatan Atletik Djakarta (IKADA) pada 19 September 1945 lalu.

“Marilah semua pihak, terutama jajaran Pemprov DKI untuk terus berjuang, meneruskan pembangunan yang diwariskan leluhur kita para pejuang,” ujar Anies saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA ke-74 Tahun 2019, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (19/9).

Dalam kesempatan tersebut Anies menceritakan sepenggal sejarah tentang rapat raksasa pada masa itu. Meski dilarang tentara Jepang, saat itu ratusan ribu orang nekat berkumpul untuk menegaskan kemerdekaan yang telah diproklamirkan sebulan sebelumnya. Pertemuan tersebut sekaligus merekatkan pemimpin dengan rakyatnya.

Memaknai peristiwa bersejarah tersebut, ia mengimbau jajarannya untuk meluruskan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam membela, mengembangkan dan memastikan pelayanan publik terbaik untuk seluruh masyarakat. “Kesempatan untuk mendapatkan pelayanan setara juga akan terus digaungkan, khususnya untuk masyarakat Jakarta yang tinggal di perkampungan,” ucap Anies di hadapan ribuan peserta upacara.

Menurutnya, peringatan ini merupakan upaya dalam melaksanakan hikmah dari peristiwa Rapat Raksasa IKADA 19 September 1945. Jakarta menjadi satu-satunya provinsi yang memperingati peristiwa IKADA secara rutin.

“Saya minta kepada semuanya, mari ingat bahwa kemerdekaan ini diperjuangkan oleh rakyat kecil dari kampung-kampung. Karena itu, jangan kita mengganggap remeh dan merendahkan masyarakat kampung. Karena mereka dulu yang ikut memperjuangkan. Untuk itu, kita buat program-program untuk mengembangkan mereka dan kampungnya untuk menjadikan kampung yang nyaman, sehat dan bersih,” kata Anies.

Untuk diketahui, upacara tersebut mengangkat tema ‘Dengan Mengenang Peristiwa IKADA Kita Jadikan Landasan Pembinaan Kekuatan Guna Menata Kehidupan Bangsa yang Lebih Maju’. Upacara turut dimeriahkan oleh Tim Paduan Suara SMK Negeri 26 Jakarta dan Koprs Musik dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta.

Turut hadir dalam upacara ini, Sekda DKI M. Saefullah; Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Faisal Syafrudin, Ketua TP PKK DKI Fery Farhati, Ketua Dewan Harian Nasional dan Dewan Harian Daerah Angkatan ’45; para pelaku sejarah dan keturunan Peristiwa Rapat Raksasa IKADA; anggota Legiun Veteran; Ibu-Ibu Dharma Wanita, PKK, institusi kepemudaan dan organisasi masyarakat; unsur TNI dan Polri, Menwa, serta Tagana. ■ RED/JOKO S/GOES

Related posts

Tempat Hiburan Lesu, KAWASAN MABES KOTA Sepi Pengunjung Kena Pengaruh Dollar

Redaksi Posberitakota

Hadapi Tantangan Bonus Demografi, PJ GUBERNUR HERU BUDI Sebut PGRI Berpotensi Melahirkan ‘Generasi Emas’

Redaksi Posberitakota

AKIBAT ROB & LUAPAN KALI PESANGGRAHAN, SEBANYAK 21 RT DI IBUKOTA JAKARTA DIRENDAM BANJIR

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang