PosBeritaKota.com
Megapolitan

Gandeng Chef Hotel Bintang, PEMPROV DKI Bagikan Gule Kambing ke Perkampungan Kumuh

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta bersama yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan stakeholder terkait kembali menyelenggarakan Dapur Kurban 2019. Dapur ini dikelola sejumlah koki hotel bintang lima dan akan memproduksi ribuan paket makanan siap saja berbahan baku daging kambing dan sapi untuk diberikan kepada warga miskin.

“Dapur Kurban ini dikhususkan bagi masyarakat di perkampungan kumuh dan masyarakat tidak mampu lainnya dengan memberikan bukan lagi daging kurban mentah. Warga akan mendapat hidangan daging olahan bergizi siap santap yang dimasak oleh para chef hotel bintang lima serta prosesnya mengikuti standar yang ditentukan oleh Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia,” ujar Gubernur Anies Baswedan usai menyaksikan penandatangan kerjasama di Balaikota, Jumat (9/8). Adapun kegiatan Dapur Kurban 2019 akan dilaksanakan secara serempak di sejumlah hotel pada tanggal 12 Agustus.

Menurut Anies, hadirnya para chef profesional ini sebagai bagian dari stakeholder terkait yang bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mengolah daging kurban yang selanjutnya akan dikemas langsung oleh hotel dan ACT dilengkapi dengan nasi dan sayur. “Dapur Kurban ini dikhususkan bagi masyarakat di perkampungan kumuh dan masyarakat tidak mampu,” papar Anies. Kegiatan tersebut dalam rangka merayakan Idul Adha.

Anies juga menyatakan bahwa ada alasan tersendiri menggandeng para chef tersebut. Selain sudah berpengalaman dalam pengolahan masakan, diharapkan program ini dapat membawa pengalaman istimewa bagi para penerima daging kurban agar mereka merasakan cita rasa masakan hotel berbintang. “Hasil masakan berupa gule kambing, soto daging, dan lainnya dari para chef ini tentu lezat sekali dan biasanya hanya dinikmati warga kalangan atas. Namun kini, warga miskin dapat menikmati masakan mewah tersebut,” ujar Anies.

Paket makanan ini akan diberikan kepada warga yang tersebar di sembilan kelurahan di Ibukota, termasuk wilayah Kepulauan Seribu. Selain itu juga disebar ke kampung juga ke yayasan, masjid dan panti asuhan.

“Mitra kerja yang berpartisipasi dalam Dapur Kurban kini bertambah signifikan. Kegiatan ini dilaksanakan pada enam titik lokasi yaitu di Hotel Borobudur, Hotel Shangri La, Hotel Dharmwangsa, Hotel Aston Pluit, Hotel Grand Cempaka, dan Lapangan dekat Lenggang Jakarta Monas yang akan dilaksanakan oleh ACT,” papar Anies.

Acara ini juga bekerjasama dengan APKEPI, Baznas Baziz Provinsi DKI Jakarta, ANTV, dan turut mendapat dukungan daro PKK dan KORPRI. ■ RED/JOKO S/G

Related posts

Gelar Bukber, DOKTER DIAN Beri Santunan ke 600 Yatim dan Dhuafa

Redaksi Posberitakota

Agenda Rutin Tiap Tahun, FORUM PEMUDA PEDULI JAKARTA Gelar ‘Gema Safari Ramadhan’ & Beri Santunan ke-100 Mustahik

Redaksi Posberitakota

PROF DAILAMI FIRDAUS Apresiasi Langkah Ketum Jajaka Nusantara Menyikapi Ade Armando

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang