Diikuti 100 Peserta Tingkat SD & SMP, SUDIN PUSIP JAKPUS Gelar Pelatihan Kelola Perpustakaan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Pusat menggelar pelatihan bagi petugas pengelola perpustakaan SMP dan SD. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari dari tanggal 19 sampai 22 Agustus di aula Perpustakaan Umum Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Nomor 12, Petojo Selatan, Gambir.

Pelatihan dibagi dalam dua kelompok masing-masing selama dua hari dan diikuti 100 peserta dari tingkat SMP dan SD. “Ini kegiatan pelatihan peningkatan kualitas pengelola perpustakaan sekolah. Diikuti SMP negeri dan swasta serta SD negeri,” ujar Kepala Sudin Pusip Jakpus Meti Lastri, Selasa (20/8).

Dalam kegiatan ini, pihaknya menghadirkan sejumlah pemateri dari profesional dan kompeten di bidang perpustakaan. “Materi yang diberikan kepada peserta seperti kebijakan penyelenggaraan perpusatakaan, Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan, pengolahan bahan perpustakaan, program perpustakaan dan tertib penataan arsip sekolah,” jelas Meti.

Baca Juga:  Jalan Jembatan & Dermaga Rusak, FASUM KAWASAN KREMATORIUM Cilincing Diperbaiki

Pelatihan tersebut bertujuan membuat memberikan pengetahuan dan meningkatkan wawasan bagi petugas pengelola perpustakaan dalam mengelola koleksi buku dan meningkatkan layanan perpustakaan di sekolah.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini perpustakaan sekolah di Jakarta Pusat ke depannya dapat memiliki perpustakaan yang berkualitas,” harapnya.

Kegiatan dibagi dalam dua gelombang yang mana pada gelombang pertama dikhususkan bagi 50 peserta tingkat SMP berlangsung dari Senin hingga Selasa. Sedangkan gelombang kedua yang diikuti 50 peserta dari SD berlangsung pada Rabu dan Kamis.

“Kita berikan pengetahuan bagaimana cara mengelola koleksi dan bagaimana layanan perpustakaan di sekolah menjadi menarik untuk siswa-siswinya sehingga upaya penumbuhan kebiasaan membaca di kalangan siswa dapat diwujudkan,” pungkasnya. ■ RED/JOKO S/G

Beri Tanggapan