Ada 117 Pengurus Dikukuhkan, GUBERNUR ANIES Minta FKUB DKI Jaga Kesatuan Umat Beragama

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Hubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengukuhkan 117 pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tingkat DKI Jakarta peeiode 2019-2024. Pengukuhan kepengurusan di bawah pimpinan Dede Rosyada berlangsung di gedung Balaikota dan disaksikan ratusan pejabat dan berbagai elemen masyarakat.

Gubernur Anies berharap FKUB dapat menjadi jembatan bagi kerukunan, keutuhan, dan persatuan masyarakat Jakarta. “Selamat atas terpilihnya para pengurus. Saya berharap saudara-saudara sekalian akan bertugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Anies usai mengukuhkan ratusan pengurus, Rabu (28/8).

Wadah FKUB ini terdiri dari unsur tokoh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Keuskupan Agung Jakarta, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin).

Menurut Anies, semuanya bersepakat dan berkumpul untuk tujuan mulia yaitu membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk mewujudkan kerukunan dan kesejahteraan antar umat beragama. “FKUB merupakan keunikan khas Jakarta secara khusus, maupun Indonesia secara umum bukan sekadar keberagamannya, melainkan ikhtiar bersama untuk mewujudkan persatuan,” ujarnya.

Gubernur berharap FKUB DKI Jakarta dapat menjadi contoh baik yang berperan sebagai jembatan dalam menanggung amanah besar sebagai pemersatu masyarakat. Sebab, keberagaman itu adalah bawaan yang tidak bisa dihindari.

“Kita terlahir dan besar berasal dari berbagai identitas. Tapi bersatu atau tidak itu adalah pilihan kita, itu adalah ikhtiar kita. Karena itu, FKUB adalah salah satu institusi yang menerjemahkan ikhtiar itu agar persatuan terjaga dan berkembang. Karena perbedaan latar belakang itu bawaan, tapi persatuan kebersamaan kerukunan itu hasil usaha,” ucap Anies.

Struktur kepengurusan FKUB DKI Jakarta yang bertugas selama lima tahun ke depan seluruhnya sebanyak 117 orang. Adapun sejumlah pimpinan, susunannya sebagai berikut: Ketua adalah Prof. DR. H. Dede Rosyada, MA, didampingi Wakil Ketua I Drs. Ignatius Rudy Pratikno, SH dan Wakil Ketua II Drs. KH A. Astamar.

Sedangkan untuk jabatan sekretaris diemban Drs H. Abi Ichwanuddin, M.Si, dan Wakil Sekretaris Pdt DR Manuel E. Raintung. Sedangkan Bendahara adalah H. Denny Sanusi dan Wakil Bendahara Romo Antonius Suyadi. ■ RED/JOKO S/G

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here