26.2 C
Jakarta
20 April 2024 - 06:38
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dari Velodrome ke Balaikota DKI, GUBERNUR ANIES Senang Naik & Pakai Sepeda Saat Kuliah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta terus berinovasi menciptakan fasilitas dan pelayanan sistem angkutan umum serta moda transportasi non-bermotor ramah lingkungan yang aman dan nyaman. Salah satunya adalah mempersiapkan jalur sepeda di sepanjang jalan yang diberlakukan kebijakan kawasan lalulintas Ganjil Genap.

Guna uji coba jalur sepeda tersebut, Gubernur Anies Baswedan, bersama para jajarannya bersepeda ontel dari Velodrome Rawamangun Jakarta Timur menuju Balaikota, Gambir Jakarta Pusat. “Kita sama-sama mencoba jalur sepeda dan menyenangkan buat saya sendiri ini. Karena saya menaiki sepeda yang dulu saya pakai waktu masih kuliah,” ujar Anies di Balaikota, Jumat (20/9).

Gubernur menjelaskan nantinya Pemprov DKI Jakarta akan melakukan Sosialisasi Uji Coba Desain Jalur Sepeda yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2019. Sementara pelaksanaan uji coba tahap pertama dimulai dari tanggal 20 September 2019 hingga 19 November 2019. Area uji coba akan dilaksanakan di rute jaringan jalur sepeda dengan total panjang 63 km dan dibagi dalam 3 fase meliputi wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

“Kita berharap nantinya bukan hanya 63 km ini tetapi seluruh mayoritas tempat di Jakarta bisa ada jalur sepeda. Fase pertama aspalnya akan diganti, menunggu aspalnya diganti dalam beberapa waktu ini, sesudah itu baru dipasang penandanya supaya tidak kerja dua kali,” papar Anies.

Anies menambahkan pihaknya ingin Jakarta menjadi kota pelopor ramah bersepeda dengan adanya jalur-jalur yang disiapkan khusus untuk sepeda. Jika warganya memanfaatkan jalur tersebut untuk bersepeda maka akan berdampak pada perbaikan kualitas lingkungan hidup di Jakarta.

“Jadi saya mengajak seluruh warga Jakarta agar kita lihat sepeda bukan sebagai semata alat olahraga tapi alat transportasi, jadi kita siapkan jalurnya untuk pembiasaan,” harapnya.

Sementara itu Heather Thomson yang merupakan perwakilan The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) mengapresiasi langkah Pemprov DKI yang menyediakan jalur sepeda sepanjang 63 km itu dan menggaungkan kampanye Friday for Future.

“Ini sangat menakjubkan melihat Jakarta membuat gerakan di jalur yang benar. Saya pikir Jakarta sudah melakukan kerja yang bagus dengan garis pembatas bersepada di mana itu akan melindungi para pesepeda,” tandasnya.

Heather menambahkan ‘Uji Coba Desain Jalur Sepeda’ merupakan hasil kolaborasi ITDP Indonesia, representasi pesepeda Jakarta, dan dinas-dinas teknis di Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan jalur sepeda permanen.

“Uji coba Fase 1 antara lain Medan Merdeka Selatan – Jalan Pemuda pada 20 September 2019 – 11 Oktober 2019, Fase 2 sepanjang Jalan Jenderal Sudirman – Jalan RS Fatmawati Raya pada 12 Oktober 2019 – 1 November 2019 selanjutnya Fase 3 sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara pada 2 November – 19 November 2019,” jelasnya. ■ RED/JOKO S/GOES

Related posts

Gile Bener, BEKASI : Geger Lelang Perawan dan Situs Nikah Siri Prostitusi Terselubung

Redaksi Posberitakota

Geger Soal Jeep Dinas Ketua DPRD DKI & Pj Gubernur, HERU BUDI : “Saya Ndak Tahu, Nanti Akan Saya Cek”

Redaksi Posberitakota


PENGAMANANNYA MEMANG BERBEDA, KAPOLDA METRO JAYA : KERUMUNAN DI MALAM TAHUN BARU DITINDAK SEKALIGUS DENGAN MOTORNYA

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang