26.2 C
Jakarta
20 April 2024 - 04:44
PosBeritaKota.com
Nasional

Peringati ‘May Day’ Ditengah Pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Serahkan Bantuan Secara Simbolis

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Peringatan Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei di seluruh dunia, pada tahun ini sangat berbeda. Jika biasanya para buruh merayakannya dengan melakukan penyampaian aspirasi secara terbuka di ruang publik, kini akibat pandemi Covid-19 peringatan Hari Buruh Internasional dilakukan dengan sangat ketat, mengacu pada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dicanangkan Pemerintah. Hal ini harus dipatuhi mengingat penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan adanya pelambatan jumlah penderita setiap harinya.

Dalam rangka meningkatkan engagement dengan Serikat Buruh (SB) dan Serikat Pekerja (SP), BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan), menyerahkan sedikitnya 1800 paket Sembako secara simbolis kepada enam perwakilan serikat dari Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Wilayah DKI Jakarta. Paket sembako ini diberikan sebagai salah satu bentuk dukungan BPJAMSOSTEK dalam meningkatkan engagement dengan stakeholder pekerja melalui SP dan SB.

Kegiatan ini juga dilakukan di 10 kota lainnya yang tersebar di penjuru Indonesia. Melalui Kantor Wilayah BPJAMSOSTEK di 11 kota di Indonesia, penyerahan paket Sembako ini dapat terlaksana dan disampaikan kepada perwakilan SP dan SB di wilayah masing-masing, tentunya dengan jumlah paket yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan di daerah masing-masing.

Menurut Krishna Syarif selaku Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK, pihaknya berharap kerjasama dan sinergitas antara BPJAMSOSTEK dengan SP dan SB di seluruh Indonesia dapat selalu berjalan dengan baik. Terlebih serikat ini merupakan organisasi pekerja dan buruh yang dapat menjadi kanal informasi yang sangat baik dalam mendapatkan informasi terkait hak pekerja, khususnya dalam mendapatkan program perlindungan dan manfaat BPJAMSOSTEK.

Senada dengan pernyataan Krishna, tema kegiatan yang diusung dalam penyerahan secara simbolis ini adalah Membangun Sinergi Lintas Sektor Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja di Era Krisis sudah tepat diangkat, utamanya agar pekerja memahami dan menyadari pentingnya perlindungan jaminan sosial jika terjadi hal-hal diluar kuasa, seperti yang terjadi saat ini.

Covid-19, virus yang menyebar dengan cepat secara global telah mempengaruhi hampir seluruh bidang usaha dan lapangan pekerjaan, dan ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Hadirnya jaminan sosial sebagai perlindungan dasar bagi para pekerja sangat krusial dalam berperan meminimalisir terjadinya risiko sosial ekonomi kepada para pekerja dan keluarganya.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Pusat BPJAMSOSTEK, Jumat (1/5), selain dihadiri enam perwakilan SP dan SB, juga dihadiri oleh Dewan Pengawas (Dewas) BPJAMSOSTEK. Adalah Rekson Silaban dan Eko Darwanto yang merupakan Anggota Dewas yang hadir dan secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada perwakilan enam serikat pekerja tripartit yang hadir.

Rekson mengatakan sinergi antara BPJAMSOSTEK dengan SP dan SB harus selalu harmonis, karena keduanya bisa saling memberikan manfaat dengan asas mutualisme yang tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak. SP dan SB merupakan mitra kerjasama strategis yang membantu BPJAMSOSTEK dalam meningkatkan kesadaran pekerja dan pengusaha terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Senada dengan Rekson, Eko juga menyampaikan tantangan BPJAMSOSTEK ke depan adalah edukasi kepada para pekerja. Eksistensi SP dan SB akan sangat mendukung penyampaian informasi dan edukasi kepada pekerja. Ini merupakan salah satu bentuk peningkatan peran serta organisasi tenaga kerja dalam memperjuangkan pemenuhan hak jaminan sosial bagi seluruh pekerja.

Kegiatan penyerahan secara simbolis yang dilaksanakan ini tetap mengacu pada aturan PSBB yang ditetapkan pemerintah, yaitu dengan meminimalisir jumlah peserta yang hadir dan menjaga jarak aman antar tamu undangan yang hadir. Selain itu, protokol yang berlaku di BPJAMSOSTEK juga diberlakukan secara ketat, seperti pengecekan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer di lokasi kegiatan, menyiagakan petugas keamanan untuk menjaga standar higienitas dan kebersihan tamu undangan di lokasi kegiatan.

Menutup penyerahan paket sembako, Krishna berharap kerjasama antara BPJAMSOSTEK dengan organisasi pekerja ini semakin solid dan selalu berjalan lancar serta sesuai ketentuan yang berlaku. “Semoga apa yang kita lakukan kali ini dapat membantu para pekerja dalam menghadapi pandemi Covid-19. Semoga wabah ini dapat segera teratasi dan kita kembali bangkit untuk membangun negeri,” tutur Krishna. ■ RED/RIHADIN/GOES

Related posts

Kopda TNI AD Rohim Sanjaya Nikmati jadi Penyanyi Dangdut

Redaksi Posberitakota

PEMILIK WCN FOUNDATION, H ARI SIGIT : KITA PERLU MENATAP PADA MALAYSIA YANG PUNYA PROGRAM KURANGI PENDUDUK MISKIN

Redaksi Posberitakota

Wawancara Bangku Kosong Menkes, INI KATA DEWAN PERS : Terkesan Kriminalisasi Kalau Najwa Shihab Dilaporkan ke Polisi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang