Dihadiri Ketua Yayasan-RW 025 & Jamaah, DKM JAMI AL-IKHLAS VGH KEBALEN Gelar Bukber

BEKASI (POSBERITAKOTA) ■ Marhaban Ya Ramadhan. Suasana bulan suci Ramadhan 1441 H tetap menggema di seantero negeri, meski penyebaran pandemi virus Corona (Covid-19) belum sepenuhnya aman. Malah masih menjadi ancaman menakutkan bagi masyarakat luas di Tanah Air (Indonesia-red) ini.

Tak kepengen kehilangan momentum Ramadhan 1441 H di tahun 2020, kelembagaan DKM Jami Al-Ikhlas yang berada di wilayah RW 025 Perumahaan Villa Gading Harapan (VGH) Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi – menggelar ajang buka bersama (Bukber), Minggu (3/5/2020) kemarin.

Acara itu sendiri diinisiasi oleh kelembagaan DKM melalui peran Hubungan Masyarakat (Humas). Bahkan dengan melibatkan anggota jamaah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jamaah (FKJ) Jami Al-Ikhlas, karena perannya diharapkan bisa lebih memberikan penguatan DKM dalam mengelola masjid serta eksistensinya di lingkungan masyarakat.

Tak salah jika kemudian mendapat respon positif dari sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka agama (ustadz) setempat. Sosok H Junaidin yang terobsesi kepengen DKM Jami Al-Ikhlas semakin eksis di dalam menjaring jamaah untuk tujuan kemakmuran masjid itu sendiri, justru tergerak berperan memfasilitasi ajang Bukber tersebut.

“Saya melihatnya sungguh indah, jika geliat kelembagaan DKM Jami Al-Ikhlas seperti sekarang ini. Semoga ke depannya kemakmuran masjid sesuai yang diharapkan para jamaah dan warga di lingkungan RW 025,” papar pria pengusaha asal kelahiran Bima (NTB) tersebut kepada POSBERITAKOTA, Minggu (3/5/2020).

Hal senada juga diharapkan H Lukman Hakim, tokoh masyarakat setempat. Melihat kondisi Masjid Jami Al-Ikhlas saat ini, sungguh membanggakan keberadaannya, apalagi dipenuhi oleh para jamaahnya. Beberapa bulan belakangan ini, kerapkali terlihat silaturahmi para jamaah dalam diskusi-diskusi informal.

“Saya malah ingin ajang Bukber digelar di masjid setiap akhir pekan. Insya Allah, minggu depan saya akan memberikan support, agar tokoh-tokoh masyarakat dan pemuka agama bisa lebih banyak lagi yang berkumpul,” ucap Ketua RT 06 di lingkungan RW 025.

Harapan serupa juga ‘diamini’ Ustadz Rojali dan Ustadz Jajang Permana, keduanya merupakan pemuka agama. Momentum bulan suci Ramadhan, sangat pas jika dijadikan sarana untuk membangun tali silaturahmi sesama jamaah. Hal tersebut, menurut keduanya, harus dibangun sekaligus dipelihara agar ke depannya bisa jauh lebih baik lagi.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan Yayasan Jami Al-Ikhlas Ustadz H Makhtum, juga ikut senang dan bangga terhadap perkembangan lingkungan masjid sekarang ini. Oleh karenanya, selaku guru dan pembina kehidupan keagamaan di wilayah RW 025, meminta semua elemen ikut mendorong peningkatan Ukhuwah Islamiyah sesama jemaah.

“Saya juga memberikan apresiasi terhadap kehadiran Ketua RW 025, Pak Sukoco. Termasuk Ketua Pengurus Harian Yayasan, Pak Robert. Sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka agama, sangat terlihat semangat dan supportnya untuk di lingkungan masjid,” papar Ustadz H Makhtum lagi.

Dalam acara Bukber yang diadakan malam ke-11 Ramadhan 1441 H, Minggu (3/5/2020) malam kemarin, jelas-jelas menyiratkan bahwa lingkungan Masjid Jami AlIkhlas dan RW 025, demikian dinamis. Baik itu terkait kehidupan keagamaan serta sosial kemasyarakatannya. Semoga hal tersebut semakin terpelihara dimasa-masa mendatang.

Sebagai ‘tuan rumah‘ kelembagaan DKM tampil all out dalam memfasilitasi kesemarakan gelar Bukber yang diawali dengan acara Ratiban. Ketiga unsur pimpinan DKM Jami Al-Ikhlas hadir. Mereka adalah Khoirul Anwar (Ketua), Harjono (Bendahara), Aldy Ardhian (Sekretaris).

Selain itu juga jajaran pengurus yang meliputi Rohmad Wijaya, Deddy Kusmayandi, Acoen Surkama, H Jaelani Mughni, Muhammad Zein Malawat, Baharuddin, Thoyib Hadiwanto, Hartono, Cahyono, Wanito, Cecep Supriyatna, Saefulloh, Abdul Latief, Eka serta banyak lagi. Begitu pula dari unsur Yayasan adalah Tri Haryono, Slamet Sahuri, Nana dan tamu undangan yakni Ustadz Saipul Azis.

Sedangkan dari unsur kelembagaan RW 025, nampak hadir Ketua RW 025 Sukoco yang didampingi Dirman Diaz (Sekretaris RW). Termasuk sejumlah Ketua RT antara lain Eddy Agung (08), Dhany (03) dan Muhammad Andi (09). Tidak ketinggalan anggota IKRAR yang meliputi Akmal Wiradinata, Putra Yulian Kriss, Rahmat Ramdhani, Yusril Saputra, Lutfi Hamid, Fianto Maulana, Ilham Putra Mahesa, Imam Dwi Irianto. □ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here