29.2 C
Jakarta
23 April 2024 - 22:19
PosBeritaKota.com
Nasional

Difasilitasi GLBML, KETUA MPR BAMBANG SOESATYO Serahkan Sembako untuk 4 Organisasi Seniman

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Wabah pandemi COVID-19 memang masih sulit diprediksi dan belum jelas kapan berakhirnya. Kondisi itu menggerakkan nurani organisasi Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan (GLBML) yang menggandeng lembaga Tinggi Negara (MPR RI, Kemeninfo, TVRI dan lainnya) memberikan 500 paket Sembako untuk diberikan kepada
empat kelompok. Mereka antara lain Seniman Pekerja Seni Mitra LPP, Forum Wartawan Hiburan (FORWAN); Indonesia, Pensiunan Drama Musik LPP TVRI dan Komunitas Musisi Cafe Jakarta serta seniman yang terdampak pandemi COVID-19.

Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan Hidup, Olivia Zalianty menambahkan bahwa rencananya untuk donasi bagi para seniman Indonesia akan terus berlanjut, mengingat pandemi COVID-19 ini masih belum diketahui kapan berakhir.

“Kami masih menerima dan membagikan donasi yang diberikan dari berbagai donatur. Hari ini, kami salurkan 500 paket Sembako kepada seniman yang terdampak pandemi COVID-19 ini sudah kesekian kalinya. Namun, rasanya masih banyak sekali yang belum terjangkau bantuan ini,” ujar Olivia Zalianty saat sambutan sebelum Penyerahan Donasi Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo BERSATU Melawan Corona di Taman Buaya TVRI Stasiun Pusat Jakarta Senin (27/7/2020) kemarin.

Menurut Olivia lebih lanjut bahwa deretan seniman begitu berdampak dan banyak yang mengalami penurunan bahkan tak mempunyai pendapatan sejak adanya COVID-19. Hal itu terjadi lantaran tak ada lagi produksi syuting, pameran hingga panggung teater yang aktif selama pandemi ini.

Dalam.kesempatan itu, Ketua MPRI Bambang Soesatyo, tidak menampik bahwa kondisi pandemi COVID-19 saat ini berpengaruh pada semua sektor kehidupan masyarakat termasuk industri hiburan dan kesenian Tanah Air.

“Jadi, saya melihat pekerja seni, seniman itu tak bisa di kesampingkan begitu saja. Kenapa? Karena seniman jadi benteng terakhir dalam pelestarian budaya kita, menjaga keindonesiaan kita untuk terus bertahan dari benturan zaman dan pengaruh dari luar,” papar dia.

Diharapkan politisi dari Partai Golkar tersebut bahwa bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban seniman atau pekerja kreatif dalam dunia hiburan yang pendapatan berkurang atau bahkan mereka nggak punya pendapatan sama sekali karena pandemi COVID-19.

Masih berkaitan dengan acara ‘Penyerahan Donasi Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo BERSATU Melawan Corona‘ ini, Iman Brotoseno mengatakan ini juga sebagai bentuk perhatian TVRI bersama sejumlah pihak lain untuk para seniman yang terdampak pandemi COVID-19.

“Semoga bantuan yang tak seberapa ini bisa bermanfaat buat para seniman dan menumbuhkan rasa solidaritas dan persaudaraan bagi pihak lain untuk melakukan hal yang sama buat para pelaku seni budaya,” pungkas Iman Brotoseno, Dirut LPP TVRI. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Arab Saudi Umumkan Turun, SENATOR DKI DAILAMI FIRDAUS Tegas Menolak Kemenag RI Naikkan Biaya Haji 2023

Redaksi Posberitakota

Polsek Cikande dan Satlantas Polres Serang Cat Pembatas Jalan untuk Tekan Kecelakaan

Redaksi Posberitakota

Meski Capai WTP, KEMENKOP & UKM Terus Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Anggaran

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang