PosBeritaKota.com
Megapolitan

Kader PKK Dilibatkan, PEMPROV DKI Backup Gerakan Bersama Pakai Masker

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membackup (dukung) Gerakan Bersama Pakai Masker atau Gebrak Masker yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat dengan melibatkan kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Hal tersebut sejalan dengan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengajak dan membiasakan masyarakat menggunakan masker selama berkegiatan pada masa pandemi COVID-19, guna memutus mata rantai penularan virus tersebut.

Untuk pelaksanaannya berkolaborasi dengan Tim Penggerak (TP) – PKK Pusat, kegiatan Gebrak Masker dan Edukasi Perilaku Baru pada Masa Pandemi COVID-19 diselenggarakan di Rumah Susun Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Senin (24/8).

Dalam kegiatan ini, Ketua Umum TP-PKK Pusat menyerahkan bantuan kepada Ketua TP-PKK Provinsi DKI Jakarta untuk kemudian diserahkan kepada perwakilan warga di kawasan Rusun Karet Tengsin, dengan rincian bantuan sebagai berikut:

  • 3 buah mesin steril;
  • 2.000 buah masker kain;
  • 2.000 buah masker;
  • 5 jerigen @5 liter hand sanitizer;
  • 20 unit tempat sampah;
  • 100 paket makanan bergizi;
  • 500 kotak nasi box.

Sementara itu untuk rincian bantuan yang diserahkan kepada perwakilan sembilan orang, sebagai berikut:

  • 1 Lurah : tempat sampah, mesin steril;
  • 1 Polsek: tempat sampah, mesin steril;
  • 1 Kader PKK : masker kain, paket makanan bergizi;
  • 1 Puskesmas : masker medis, tempat sampah;
  • 1 Posyandu : makanan bergizi, tempat sampah;
  • 4 Perwakilan masyarakat (ibu hamil, lansia, disabilitas, ibu dengan balita): masker, paket makanan bergizi, paket sembako.

“Karena itu, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh TP-PKK Pusat yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat kepada TP-PKK Provinsi DKI Jakarta. Kami, segenap pengurus dan kader PKK Jakarta siap untuk mendukung #GebrakMasker dan terus mengedukasi masyarakat untuk menerapkan 3M demi menekan penularan COVID-19 di sekitar kita,” ungkap Fery Farhati Ketua TP-PKK Provinsi DKI Jakarta.

Disebutkan Fery bahwa penerapan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi protokol kesehatan dalam berkegiatan merupakan hal esensial yang perlu dilakukan bersama pada masa pandemi.

“Jadi, kami mengimbau masyarakat Jakarta untuk menerapkan 3M. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, dan menjaga jarak ketika harus keluar rumah. Ingat juga untuk selalu mengusahakan menghindari kerumunan untuk memutus rantai penularan COVID-19,” tegas dia.

Menurut Fery lebih jauh bahwa melalui Gebrak Masker, kader PKK dan terutama keluarga di
Jakarta dapat menjadi lebih konsisten dalam
menggunakan masker. Sebagai sosok yang pembelajar, kader PKK juga terus berperan serta menyampaikan informasi yang bermanfaat terkait upaya penanggulangan COVID-19 dengan berbagai cara, seperti sosial media, aplikasi pesan instan, webinar beragam topik, dan lain sebagainya.

“Mengutip pesan Bapak Gubernur saat Hari Keluarga Nasional, dalam masa pandemi ini mari menjadi keluarga yang saling menjaga dan saling peduli. Selain menjaga keluarga kita sendiri, tetapi juga menjaga dan memerhatikan keluarga-keluarga lain di sekitar kita,” tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan area rapid test di kawasan rusun dan pembagian masker kepada warga secara langsung atau door to door. ■ RED/GOES

Related posts

Selain bagi Balap Mobil, ADVISOR E-PRIX 2023 IRAWAN SUCAHYONO Sebut Kendaraan Listrik Merupakan Masa Depan

Redaksi Posberitakota

Pernah Ikut Besarkan Partai Gerindra, SOSOK M TAUFIK Akibat Didera Sakit Kanker Paru Telah Kembali ke Pangkuan Ilahi

Redaksi Posberitakota

Pakai APBD, PENGAMAT PERKOTAAN SGY Sentil Gubernur Anies agar Batalkan Formula E & Balikin Dana Rp 983,31 Miliar

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang