PosBeritaKota.com
Megapolitan

Selama 4 Pekan Berturut-turut, 3 WILAYAH KOTA di DKI Jakarta Masuk Zona Merah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pandemi COVID-19 sudah masuk pada tahap yang cukup mengkhawatirkan. Khusus di DKI Jakarta saja, ada 3 wilayah kota yang masuk kategori zona merah alias berisiko tinggi terhadap penularan virus mematikan tersebut, selama 4 pekan berturut-turut.

Sedangkan ke-3 wilayah kota yang masuk kategori zona merah tersebut meliputi Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Namun untuk Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, bukan berarti aman. Tetap perlu diwaspadai sebagai bentuk antisipasi.

Wiku Bawono Adisasmito selaku Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, membenarkan ada 3 wilayah kota di DKI Jakarta masuk zona merah atau berisiko tinggi terhadap makin merebaknya pandemi COVID-19. Apalagi, menurutnya, tak menurun selama empat pekan berturut-turut.

“Iya benar ke-3 wilayah kota di DKI Jakarta tersebut di atas, masuk zona merah tanpa perubahan selama empat minggu belakangan ini,” papar Wiku saat dikonfirmasi POSBERITAKOTA, Senin (31/8/2020) di Jakarta.

Dipaparkan dia lebih lanjut bahwa dalam 4 minggu terakhir ini, kasus positif dan kematian akibat COVID-19 di 3 wilayah kota tersebut, justru berada dalam fase puncak. Kendati begitu, masih dalam waktu bersamaan, khusus kasus sembuh dari COVID-19 juga meningkat tajam.

Oleh karenanya, Wiku mewanti-wanti agar semua pihak baik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta maupun masyarakat, perlu memberikan perhatian penuh terhadap pengendalian COVID-19. Bagaimana caranya? Masyarakat harus patuh menjalankan protokol kesehatan. Baik itu dalam menggunakan masker, menjaga jarak aman minimal satu meter serta rajin mencuci tangan pakai sabun.

Bagi seluruh sektor di DKI Jakarta yang sudah membuka kembali aktivitasnya juga harus menjalankan protokol kesehatan. “Jadi, mohon ini ditangani dengan baik, supaya zonasinya menjadi lebih baik di minggu-minggu berikutnya,” harap Wiku.

Sekadar jadi catatan saja. Selain wilayah kota Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, ternyata ada 7 kabupaten atau kota lain yang masuk zona merah selama empat pekan berturut-turut. Antara lain adalah Gorontalo, Hulu Sungai Tengah, Kota Ambon, Kota Medan, Deli Serdang, Balikpapan serta Sidoarjo. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Di Kemang Raya No 34-D, CHANIA RAMLI Sudah 2 Tahun Bisnis Coffee Shop SULTHAN CONCEPT JAKARTA

Redaksi Posberitakota

Rencana Pemekaran Bogor Timur, KETUA HPBT H EDI ROHMAN Tuding Berbau Kepentingan Politik Sesaat

Redaksi Posberitakota

Ringankan Beban Nelayan P Seribu, PEMPROV DKI Bantu 5000 Benih Ikan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment