30.9 C
Jakarta
19 March 2024 - 12:36
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Seperangkat Alat Musik Gambang Kromong, DIREKTORAT PERLINDUNGAN SOSIAL KEMENSOS RI Beri Bantuan ke Sanggar Oplet Robet

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Direktorat Perlindungan Sosial Kemensos RI memberikan bantuan seperangkat alat musik tradisional Gambang Kromong (Betawi) kepada ‘Sanggar Oplet Robet’ (Ocehan Plesetan Rombongan Betawi) pimpinan Ramdhani atau yang lebih dikenal sebagai aktor komedi religi dengan nama Bang Qubil AJ.

Pemberian bantuan dari Kemensos RI tersebut, tidak cuma berupa alat musiknya saja, tapi juga seperangkat baju tari serta seragam pemain Gambang Kromong. Sebelumnya, Sanggar Oplet Robet juga menerima pemberian paket Sembako yang sudah didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan.

Dua perwakilan dari Direktorat Perlindungan Sosial Kemensos RI, Tahar dan Wenny, telah menyaksikan langsung penggunaan alat musik bersama seperangkat bantuan lainnya dalam acara Pentas Seni Gambang Kromong & Tari Betawi (Bantuan Kearifan Lokal 2020), bertempat di ‘Sanggar Oplet Robet’ Jalan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (3/12/2020).

Menurut Tahar selaku perwakilan dari Direktorat Perlindungan Sosial Kemensos RI, bentuk bantuan stimulan yang diberikan tersebut untuk pencegahan konflik di masyarakat. Murni dari Pemerintah kepada masyarakat.

“Sebab, melalui kesenian, komunikasi masyarakat bisa bersatu. Jadi, sama sekali tidak ada unsur politik, tapi murni sosial dari Pemerintah melalui Kemensos RI,” tutur Tahar saat memberikan sambutannya.

Sementara Ramdhani alias Bang Qubil AJ sebagai pimpinan Sanggar Oplet Robet yang sudah berjalan selama 20 tahun tersebut, menyampaikan rasa terima kasih dan bentuk apresisasi setinggi-tingginya bentuk kepedulian Kemensos RI terhadap seni budaya yang menjunjung tinggi kearifan lokal.

Dalam acara yang digelar sejak pagi hari, hadir puluhan anak-anak yang mendapatkan distribusi pembagian Sembako dari Kemensos. Nampak hadir Tatang Sutisna dari perwakilan Dinas Sosial Kecamatan Makasar, seniman muda Betawi seperti Edy Oglek, Arifin dan Dessy sebagai penyanyi spesialis lagu-lagu Gambang Kromong (Betawi). □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Diikuti Sebanyak 30 Stand, KADIN JAKPUS Gelar Road Show Festival UMKM 2023 di Balaikota DKI

Redaksi Posberitakota

Kaum Ibu Lebih Tahu Kondisi Keluarga, PEMPROV DKI Gandeng Penggerak PKK

Redaksi Posberitakota

Dihadiri Mantan Cawapres Sandiaga, KADER GERINDRA PURWANTO Terpilih Gelar Halal Bihalal di Rumah Joeang

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang