Dihadiri Ratusan Jamaah, MASJID JAMI AL-IKHLAS RW 025 VGH BEKASI Gelar ‘Malam Nisfu Sya’ban’ Sambut Ramadhan 1442 H

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Bulan suci Ramadhan 1442 H segera tiba. Dimana bulan penuh rahmat serta ampunan itu memang sangat ditunggu-tunggu khususnya bagi umat Islam di seluruh penjuru Tanah Air. Tak perduli meski saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19 dan Pemerintah pun tengah gencar-gencarnya melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat luas.

Demi menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H, menggelar acara ‘Malam Nisfu Sya’ban‘ sangat jamak dikerjakan atau diadakan di wilayah yang mayoritas penduduknya adalah memeluk Islam. Diperingati pada malam ke-15 bulan Sya’ban dan di tahun 2021 ini bertepatan jatuh pada hari Minggu (28 Maret 2021).

Seperti di Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi – saat menggelar ‘Malam Nisfu Sya’ban‘ diikuti tidak kurang ratusan jamaah. Mulai dari kalangan bapak-bapak, ibu-ibu, remaja dan anak-anak. Mereka ‘tumpah ruah’ untuk memadati masjid nan megah yang merupakan hasil swadaya murni dari warga RW 025 VGH Kebalen, Babelan, Bekasi.

Untuk pelaksanaan ‘Malam Nisfu Sya’ban’ dipimpin langsung atau dengan narasumber Ketua Umum Yayasan Jami Al-Ikhlas, KH. Drs. M. Makhtum. Ikut mendampingi sejumlah pimpinan lembaga keagamaan dan para ustadz.

Mereka yang hadir terdiri dari Ustadz Khoirul Anwar (Ketua DKM), Ustadz Rojali, Ustadz Muhammad Andi, Ustadz H Robet Henderi Hidayat, Ustadz Saipul Azis, Ustadz Berlin Situmorang, Ustadz Wanito, Ustadz Hafid beserta tokoh masyarakat di lingkungan setempat. Antara lain Sukoco (Plt Ketua RW 025), Dirman Diaz (Sekretaris RW 025), Kriss Yan Ari, Umar, H Jaelani serta banyak lagi.

Prosesi pelaksanaan acara ‘Malam Nisfu Sya’ban’ diawali dengan sholat Magrib berjamaah. Setelah itu kemudian secara bersama-sama membacakan Surah Yasin sebanyak 3 kali yang dipimpin bergantian oleh Ustadz Rojali, Ustadz Wanito dan Ustadz Muhammad Andi. Sedangkan doa ‘Nisfu Sya’ban‘ serta tausiah singkat disampaikan oleh KH. Makhtum.

KH. Makhtum dalam tausiah singkatnya mengatakan bahwa ‘Malam Nisfu Sya’ban‘, juga disebut sebagai malam maghfirah atau malam pengampunan. Pasalnya pada malam tersebut, Allah SWT akan memberikan pengampunan pada seluruh hamba-NYA yang beriman dan beramal saleh.

“Rapot terakhir (diri kita) ketika diperlihatkan kepada Allah SWT. Syukur allhamdulillah, jika ternyata rapotnya baik,” tuturnya seraya menambahkan bahwa di malam istimewa ‘Nisfu Sya’ban‘ ini, perbanyaklah sedekah dan berkata yang baik. Salah satunya adalah dengan diri kita membaca Al-Quran.

Menurut KH. Makhtum lebih lanjut, mudah-mudahan segala amaliyah kita diterima oleh Allah SWT. “Juga dosa-dosa kita diampuni. Kita pun perlu latihan, baik di bulan Rajab maupun bulan Sya’ban ini. Harapannya semoga usia kita dipanjangkan. Jadi, kita jangan cuma menuntut hak saja. Sedangkan salah satu keistimewaan malam Nisfu Syaban dapat kita peroleh melalui puasa sunah Sya’ban esok hari karena Allah SWT,” paparnya.

Sebelum menghantar doa penutup dari rangkaian acara ‘Malam Nisfu Sya’ban’, KH. Makhtum menyampaikan bahwa Rassulullah/Nabi Besar Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya umat Muslim adalah mereka yang menghabiskannya dengan memperbanyak doa.

Allah Ta’ala memberikan perhatian-NYA kepada seluruh makhluk-NYA pada malam Nisfu Sya’ban. Dan, Allah Ta’ala mengampuni seluruh makhluk-NYA, kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain atau orang yang sedang bermusuhan,” pungkasnya.

Seusai pelaksanaan acara utama ‘Malam Nisfu Sya’ban’, Masjid Jami Al-Ikhlas melalui kelembagaan DKM pimpinan Ustadz Khoirul Anwar yang didampingi Ketua PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Deddy Kusmayandi, Aldi Ardiansyah (Sekretaris DKM) dan Harjono (Bendahara DKM) – mengajak seluruh undangan untuk menikmati hidangan atau makan bersama. Dan, pada 15 hari ke depan, umat Islam seluruh penjuru Tanah Air, khususnya bagi warga RW 025 Perumahaan VGH – siap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H. □ RED/AGUS SANTOSA

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here