Dihadiri Ibu Walikota Diah Anwar & Artis Nana Mardiana, TP PKK CIRACAS ‘NGANGENIN’ Resmikan Galeri UP2K

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ibu Walikota Jakarta Timur Diah Anwar dan artis Nana Mardiana, hadir dalam acara peresmian Galeri UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (8/4/2021) kemarin. Sedangkan TP PKK Ciracas ‘Ngangenin’ yang diketuai Nuraenie SE bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam sambutannya, Ibu Walikota selaku Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur, memuji Kelurahan Ciracas yang memiliki inovasi sangat luar biasa. Karena itu, pihaknya memberikan apresiasi. Apalagi bisa berbuat sesuatu yang patut dibanggakan, meski saat ini masih ditengah situasi pandemi.

“Sangat luar biasa. Dan, Kelurahan Ciracas sangat unik, bisa mewujudkan program seperti ini yang membanggakan dan sekaligus dapat mendukung ketahanan pangan bagi keluarga,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Diah Anwar mengungkapkan bahwa Kelurahan Ciracas dapat mewujudkan yang juga menjadi mimpinya selama ini, terkait peranya sebagai Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur.

“Hari ini benar-benar terwujud di Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,” tegasnya seraya berjanji bahwa apa yang sudah dilakukan TP PKK Kelurahan Ciracas bakal dilaporkan ke Kantor Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Sedangkan Kecamatan Ciracas yang diwakili Ibu Sekcam Linda mengatakan bahwa telah muncul sebagai satu pioner di wilayahnya. Karenanya, Kelurahan Ciracas bisa jadi contoh bagi wilayah-wilayah lain. Dan, TP PKK Kelurahan Ciracas, pasti tak gampang untuk mencapai tahapan atau hasil seperti sekarang ini.

Ibu Lurah Ciracas pasti banyak mendapat dukungan dari banyak pihak. Harapan saya ke depannya, mudah-mudahan terus punya semangat. Mohon bantuan Ibu Walikota, agar TP PKK Kelurahan Ciracas ini bisa mewakili ke tingkat provinsi atau bahkan Internasional,” ucap Ibu Sekcam Ciracas, Linda.

Sementara itu sebelumnya Nuraenie SE selaku Ketua TP PKK Kelurahan Ciracas ‘Ngangenin’, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada sejumlah undangan yang hadir dalam acara peresmian Galeri UP2K. Sedangkan apa yang sudah dicapai sementara ini, buah dari tekad bulat dan semangat para pengurus tim penggerak dan ibu-ibu PKK.

“Awalnya ini semua dari sikap spontan. Sifatnya menampung, mulai dari kuliner sampai kepada bentuk produk lain sebagai upaya membentuk ketahanan pangan dalam kehidupan keluarga,” tuturnya, membuka sambutannya siang itu.

Menurut dia lagi bahwa di Kelurahan Ciracas memiliki potensi yang sangat luar biasa. “Ini semua kita bangun dengan kebersamaan. Bahkan kita buka Galeri UP2K yang keberadaannya deket dengan kantor TP PKK Kelurahan Ciracas Ngangenin,” papar Nuraenie SE, istri dari Lurah Ciracas Rikia Marwan Salahudin M.Si tersebut.

Seusai membuka secara resmi dan pemotongan pita, Ibu Walikota Jakarta Timur, langsung meninjau Galeri UP3K. Bahkan melihat sendiri hasil UMKM yang terdiri dari produk barang dan minuman yang punya nilai jual di masyarakat. Termasuk ikut dalam panen perdana tanaman sayur hidroponik.

Dipaparkan Nuraenie SE bahwa di Kelurahan Ciracas terdapat 7 RW dan 20 Kelompok. “Mereka butuh support dan pendamping, tentu saja agar terus berjalan. Dan, di Kantin PKK Kelurahan Ciracas juga menampung produk hasil mereka. Mulai dari makanan dan minuman kesehatan,” tegasnya.

Bahkan ke depannya, Nuraenie SE berharap melalui peran Kantor Walikota Jakarta Timur dan instansi terkait lainnya, mau membantu TP PKK Ciracas ‘Ngangenin’ dalam upaya mendapatkan legalitas. Hal tersebut demi pengembangan selanjutnya terhadap apa-apa yang sudah dihasilkan anggota PKK binaannya.

Kehadiran artis penyanyi Nana Mardiana yang juga diundang atas nama lembaga KAPITA (Kami Perempuan Indonesia Tangguh), ikut memberikan apresiasi terhadap peran Nuraenie SE selaku Ketua TP PKK Kelurahan Ciracas. “Betapa tidak gampang untuk memulainya dan kemudian meraih sukses seperti sekarang ini,” katanya memberikan komentar.

Seluruh undangan yang ikut hadir di acara peresmian Galeri UP2K dari TP PKK Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Walikota Jakarta Timur, tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) . ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here