27.4 C
Jakarta
24 April 2024 - 07:01
PosBeritaKota.com
Entertainment

Bikin Aksi Sosial Secara Kolektif, FORWAN & YAYASAN HUMANIORA Memburu Berkah Ramadhan 1442 H

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, Sutrisno Buyil, mengajak masyarakat memanfaatkan sebaik mungkin bulan suci Ramadhan untuk berlomba-lomba mengerjakan kebaikan. Salah satunya adalah sedekah dan menyantuni anak yatim.

Allah SWT memuliakan orang gemar bersedekah. Banyak keutamaan, kemuliaan dan keberuntungan, bagi orang bersedekah dan menyantuni anak yatim,” ujar Sutrisno Buyil, di acara santunan anak yatim, di Sanggar Humaniora, Kranggan Permai Jatisampurna, Kota Bekasi, Senin (3/5/2021).

Selama bulan suci Ramadhan, Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia telah melakukan safari derma di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Pada momen Hari Ulang Tahun Ke-7 ini, FORWAN menyalurkan 700 paket sumbangan. Bantuan tersebut sebagian diantaranya diberikan kepada anak-anak yatim piatu dan dhu’afa binaan Yayasan Humaniora.

“Puasa di bulan suci Ramadhan ini momentum terbaik mencapai ketaqwaan, berfastabiqul khairat. Energi kita senantiasa tersalurkan pada kegiatan positif penuh kebaikan. Salah satunya menyantuni anak yatim dan dhu’afa,” ujar Sutrisno Buyil.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan Humaniora Eddie Karsito, pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada pengurus FORWAN, yang telah menyantuni anak yatim dan dhu’afa binaan Yayasan Humaniora.

“Terima kasih FORWAN. Dalam konteks tindakan nyata kiranya tepat kita membumikan kebaikan. Di bulan suci Ramadhan ini mari menebar kebaikan, memburu keberkahan ilahiyah dengan aksi-aksi sosial secara kolektif,” ucap Eddie Karsito.

Puasa Ramadhan, kata Eddie, dapat melatih umat dalam berbagai tingkatan kesalehan. “Bahkan puasa secara sufistik dapat menjadi salah satu aktivitas rohani untuk menghidupkan hati dan membuka tabir-tabir makrifat,” tegas penggiat sosial yang juga Sekretaris Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia ini.

Yayasan Humaniora, terang Eddie Karsito, menaungi beberapa lembaga. Antara lain Sanggar Humaniora sebagai sarana pengembangan kreatif, Rumah Budaya Satu-satu (RBSS) sebagai sarana apresiasi budaya dan Rumah Singgah Bunda Lenny Humaniora Foundation sebagai institusi yang menaungi berbagai kegiatan sosial kemanusiaan.

Untuk pembinaan anak-anak yatim dan dhu’a’fa, ditambahkan Eddie, Yayasan Humaniora menerapkan non-panti. Anak-anak binaan tetap tinggal bersama keluarganya. Walau sudah tidak ada ayah, atau ibu, menurut Eddie, mereka masih punya anggota keluarga yang lain seperti Uwak, Om, Tante, Kakek, atau Nenek dan lain sebagainya.

“Prinsipnya kami ingin perkembangan intelektual, fisik dan perseptual mereka tetap tumbuh natural manusiawi. Tidak kehilangan kasih sayang dari keluarga mereka yang masih punya hubungan biologis. Sebab mereka tetap tinggal di tengah keluarganya. Nabi Muhammad SAW juga yatim sejak kecil dan tidak pernah tinggal di panti,” papar Eddie.

Melalui Kompartemen Bidang Sosial dan Rumah Tangga, Sutrisno Buyil mengharapkan, FORWAN dan Yayasan Humaniora dapat terus meningkatkan kerjasama di bidang kegiatan sosial kemanusiaan.

FORWAN sebelumnya pernah memberi bantuan gerobak sampah untuk para pemulung janda-janda lanjut usia binaan Yayasan Humaniora.

FORWAN mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan artis. Antara lain Ucie Sucita, Ageng Kiwi, Vebrie Verona, Velin Cu, Nina Nugroho, PT. Kino Indonesia Tbk, PT. Melon Indonesia, Direktorat Film, Musik dan Media Baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PT. Nagaswara Musik, PT. Proaktif, Trust, Soto Seger Boyolali Hj. Amanah, Pecel Lele Mas Slamet dan PT. Sinar Media Indonesia. Berkat dukungan semua pihak sehingga rangkaian ulang tahun berjalan lancar,” jelas Sutrisno Buyil.

Yayasan Humaniora membina 229 pemulung, sebagian diantaranya adalah janda-janda lanjut usia, dan ada yang usianya 97 tahun. Yayasan Humaniora juga membina dan menyantuni fakir miskin, dan anak yatim non-panti, yang dikoordinasi di dua Rumah Singgah di Bekasi (Jakarta) dan di Baleendah Bandung. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Dulu Sebagai Sarana Gembleng Artis Pemula, RITA SUGIARTO Setuju Tempat Hiburan Malam di Ibukota Perlu Diawasi Ketat

Redaksi Posberitakota

Vinessa Inez Mulai Menggenggam Popularitas

Redaksi Posberitakota

Produksi 2017, HANUNG BRAMANTYO Garap Film ‘JOMBLO’ Lebih Seru dan Lucu

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang