Jangan Cuma Pasar Tanah Abang, KETUA DPRD DKI Minta Satgas COVID-19 Awasi Pusat Perbelanjaaan Lain di Ibukota

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pasar Tanah Abang tengah jadi pusat perhatian terkait jelang datangnya Hari Raya Idhul Fitri 1442 mendatang. Pasalnya, H-10 sampai mendekat H-1, dipastikan bakal terus ‘dibanjiri‘ warga masyarakat untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. Kekhawatiran bakal jadi cluster bagi penyebaran COVID-19, disuarakan banyak pihak.

Namun masalah tersebut juga mendapat perhatian khusus dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi. Karenanya, politisi PDIP tersebut, meminta agar Satgas COVID-19, jangan cuma fokus pada pusat perbelanjaan produk fashion terbesar se-Asia Tenggara itu saja.

“Betul, kita memang harus meminimalisasi terjadinya klaster baru. Jangan sampai kita sama seperti negara lain yang mengalami tsunami COVID-19. Semua lokasi perbelanjaan harus diawasi, khususnya menjelang Idhul Fitri yang bakal tiba,” ucap Prasetio Edi Marsudi kepada POSBERITAKOTA, Senin (3/5/2021).

Menurut dia lebih lanjut bahwa di dalam Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan COVID19, Pemprov DKI Jakarta jelas memiliki kewenangan melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan masyarakat.

Tentang kegiatan masyarakat di Pasar Tanah Abang, dikatakan Prasetio, sangat wajar mengingat sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat menjelang Idhul Fitri. Hal itu juga sangat baik demi pemulihan perekonomian di masa pandemi sekarang.

“Meski begitu, pengawasan protokol kesehatan dengan menata jarak dan pembatasan tehadap pengunjung, sudah seharusnya ditegakkan Satgas COVID-19 di lapangan. Jika terjadi kerumunan seperti ini, kemudian tiba-tiba jumlah kasus penularan meningkat, bagaimana?” Begitu tegas Prasetio.

Dari pemberitaan yang berkembang sebelumnya, Pasar Tanah Abang pada Sabtu dan Minggu kemarin mendadak menjadi lautan manusia. Hal tersebut tampak dari video yang viral di media sosial (Medsos).

“Setelah melihat londisi tersebut, tentu saja sangat memgkhawatirkan, apalagi dapat memicu klaster penularan COVID-19 baru dengan konsekuensi melonjaknya kasus penularan di DKI Jakarta,” ujarnya.

Baik Satgas COVID-19 maupun Pemprov DKI Jakarta, diharapkan Prasetio, tolong kontrol dan perketat pengawasan di pusat-pusat perbelanjaan lain yang ada di Ibukota ini. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here