PosBeritaKota.com
Megapolitan

Penting Jaga Imun Taat Prokes, MASYARAKAT LUAS Diminta Jangan ‘Paranoid’ & ‘Traumatik’ Hadapi Pandemi COVID-19

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Masyarakat luas diminta jangan terlalu ‘paranoid‘ (takut-red), apalagi sampai mengalami ‘traumatik‘ alias takut secara berlebihan. Terutama di dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 yang disebut-sebut masih mengancam kehidupan kita semua. Padahal, ada dua solusi sederhana, yakni harus memperhatikan imunitas diri kita tetap terjaga dan jangan lupa selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Menjaga imunitas tubuh seperti yang diungkapkan dr Herlina Burhan Sp.P (K) M.Sc Ph.D dari RS Persahabatan Jakarta, harus diperkuat oleh kondisi tubuh yang selalu fit. Pola pikir seseorang pun diupayakan jangan sampai mengalami tekanan atau stress. Karena, tambah dia, virus COVID-19 sangat membahayakan jika sudah menyerang bagian paru-paru.

“Kasus COVID-19, belum seberapanya jika dihitung oleh kasus kematian akibat kerusakan pada paru-paru. Perbandingannya antara 100 : 3 persen. Jika kasus meninggal akibat penyakit paru-paru yang sudah menahun ada 100 orang, sedangkan akibat COVID-19 cuma 3 orang,” jelas dr Herlina.

Menurutnya bagi warga masyarakat yang berkegiatan di luar rumah, harus benar-benar mengindahkan protokol kesehatan. Tetap gunakan masker, apalagi jika harus berkomunikasi. Hindari sentuhan fisik atau jangan bersalam-salaman. Jaga jarak dan kemudian rajin cuci tangan pakai sabun setiap saat.

“Protokol kesehatan, harus jadi prioritas. Sebisa mungkin, sebanyak 70 persen beraktifitas di rumah saja. Jangan pergi-pergi kalau tidak ada keperluan penting,” saran dr Herlina Burhan, lagi.

Sementara itu baik di Jakarta maupun Bekasi tengah digalakkan operasi ketat terkait Prokes. Tidak sedikit warga masyarakat kena teguran keras oleh aparat kepolisian. Baik yang tengah lewat berjalan kaki maupun para pengemudi ojek online dan ojek pangkalan. Mereka dihukum jemur, push-ap serta lainnya, seperti yang terjadi di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Warga masyarakat Bekasi yang tinggal di Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Pintu Timur, Kelurahan Kabalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, hampir sepanjang hari diadakan operasi Prokes. Tidak hanya bagi warga yang ingin berbelanja ke pasar, tapi juga para pedagang harus tertib memakai masker. ■ RED/TIM POSBERITAKOTA/GOES

Related posts

Ketua Pelaksana KPCPEN, ERICK THOHIR Tegaskan Perlu Gotong Royong Kendalikan COVID-19 di Masyarakat & Pilkada Serentak 2020

Redaksi Posberitakota

Khusus Pegawai Pemprov DKI, PT JAKTOUR Berlakukan Diskon Mencapai 60 Persen Semua Hotel Miliknya

Redaksi Posberitakota

Senator DKI Jakarta Prof Dailami Firdaus Tampung Keluhan Soal Modal dan Asuransi dari Pedagang Pasar Klender Jaktim 

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment