PosBeritaKota.com
Internasional

DALAM TAKHTA KERAJAAN INGGRIS, PUTRI MEGHAN MARKLE & PANGERAN HARRY RESMI MASUK DAFTAR PEWARIS KEDELAPAN

LONDON (POSBERITAKOTA) – Proses yang memakan waktu selama tujuh pekan, akhirnya putri Meghan Markle masuk dalam daftar resmi pewaris takhta Kerajaan Inggris. Sedangkan Lili, demikian nama panggilan sementara dari keturunan Pangeran Harry itu, lahir di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage di California (AS) pada 4 Juni 2021 lalu.

Seperti menurut laporan People pada hari ini, Selasa (27/7/2021) melansir dari situs resmi royal.uk yang diperbaharui sehari sebelumnya, Senin (26/7/2021). Di situ tertulis dan sekaligus menunjukkan kalau putri Meghan Markle telah resmi sebagai pewaris kedelapan takhta Kerajaan Inggris.

Bahkan, Lili yang merupakan putri dari Meghan Markle tersebut, urutannya berada di bawah sang kakak yakni Archie dan dua dibawah Pangeran Harry. Pengumuman resmi itu untuk menjawab pertanyaan publik Inggris yang ramai pada pekan-pekan sebelumnya.

Sedangkan Meghan Markle sendiri justru tidak muncul dalam daftar pewaris, lantaran dirinya bukanlah terlahir sebagai Bangsawan. Sama seperti Kate Middleton atau pasangan Kerajaan lainnya, seperti Mike Tindall dan Sarah Ferguson.

Tentang dasar hukum untuk garis pewaris takhta berasal dari abad ke-17 dan masa Pemerintahan William III (atau dikenal sebagai William of Orange). Lantas, terakhir diubah pada 2013 untuk mengakhiri sistem anak sulung laki-laki, yang secara otomatis menempatkan ahli waris laki-laki di atas saudara perempuan mereka dalam garis pewaris takhta.

Langkah amandemen tersebut, juga untuk menghapus aturan bersejarah bahwa seorang Bangsawan tidak dapat mempertahankan posisi mereka dalam daftar, jika mereka menikah dengan seorang Katolik Roma. Dan, perubahan mulai berlaku pada Maret 2015, tetapi hanya berlaku untuk anak-anak Kerajaan yang lahir setelah 28 Oktober 2011.

Namun posisi putri Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam daftar, bakal tergelincir lebih jauh jika salah satu dari anak-anak William dan Kate menjadi orangtua di masa depan. Contohnya, sekarang ini saja bahwa Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, justru menempati posisi tiga hingga lima dalam daftar, malah di belakang ayah dan kakek mereka, Pangeran Charles, yang berada di urutan pertama dan pewaris takhta Inggris.

Tak bisa ditutup-tutupi bahwa sebelumnya cukup banyak publik yang mempertanyakan, perihal belum adanya nama Lili dalam daftar pewaris takhta, padahal sudah tujuh pekan lahir. Malah saat Archie (kakak Lili) lahir dulu, situs Kerajaan diubah setelah 15 hari.

Dari pemberitaan media ternama Inggris, The Sun, Minggu (25 Juli 2021), Putra Zara dan Mike Tindall, Lucas, justru telah terdaftar sejak kelahirannya pada Maret. Sebelumnya, Meghan Markle dan Pangeran Harry mengeluh kepada Oprah Winfrey bahwa Archie tidak diangkat menjadi Pangeran.

Yang jelas, Lilibet lahir di Amerika Serikat pada 4 Juni 2021. Anak kedua Meghan dan Pangeran Harry ini tidak bergelar Her Royal Highness (HRH). Meski begitu secara otomatis masuk dalam daftar pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Manakala anak ketiga Kate Middleton dan Pangeran William, Louis, lahir pada 2018, situs web Kerajaan memasukkannya dalam daftar 12 hari kemudian. Putra dari Putri Eugenie, August, berada dalam daftar pewaris takhta, 61 hari setelah lahir di Februari 2021.

Sementara itu Putri Meghan Markle dan Harry belum dibaptis ditengah klaim bahwa Pangeran Harry ingin upacara itu diadakan di Kastil Windsor dengan kehadiran Ratu Elizabeth II. Sayangnya lagi, belum ada tanggal yang diungkapkan untuk upacara apapun di Inggris atau Amerika Serikat. □ RED/BERBAGAI SUMBER/AGUS SANTOSA

Related posts

Kejutan, PRESIDEN JOE BIDEN Angkat 2 Jenderal Wanita di Posisi Penting Angkatan Bersenjata Amerika

Redaksi Posberitakota

INVASI AMERIKA 20 TAHUN LALU DI AFGHANISTAN, ‘TALIBAN’ DI ANTARA ASPIRASI & KEKHAWATIRAN DUNIA

Redaksi Posberitakota

Reaksi Keras Politisi Partai Golkar, CAMELIA PANDUWINATA LUBIS Mengutuk Agresi Militer Israel ke Masjid Al-Aqsa Yurassalem

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment