LOKASI DEKAT REL, PEMUKIMAN PENDUDUK KRAMAT PULO SENEN KEBAKARAN & BIKIN PERJALANAN KA TERGANGGU

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Warga dibikin kocar-kacir akibat pemukiman penduduk Kramat Pulo Senen atau tepatnya di dekat Pasar Gaplok, dilalap ‘Si Jago Merah‘, Rabu (15/12/2021). Lantaran lokasi kebakaran berdekatan dengan jalur rel, maka sejumlah perjalanan KA pun terganggu. 

Sedikitnya ada 4 perjalanan KA menjadi terhambat. Baik itu untuk Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) maupun Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line. Pasalnya, sejumlah warga yang menyelamatkan barang-barang rumahtanganya, menaruh di dekat rel.

Menurut Yudi, Kepala Stasiun Sentiong, sedikitnya ada 5 perjalanan KA yang terhambat. “Ada 2 KA jarak jauh yang seharusnya berangkat dari Stasiun KA Pasar Senen. Sedangkan 3 KRL masih berada di Stasiun KA Jatinegara,” jelasnya, Rabu (15/12/2021).

Keterlambatannya mencapai 1 jam 45 menit. “Memang sengaja tidak diberangkatkan sementara, baik dari Pasar Senen maupun Jatinegara,” tambah dia, lagi.

Melalui keterangannya tersebut, Yudi juga memaparkan bahwa penyebab terhambat selain karena lokasi kebakaran berdekatan dengan rel kereta api. Termasuk akibat banyaknya warga yang menonton pun menjadi penyebab. 

“Jadi untuk sementara dibuka satu jalur saja. Kenapa? Iya, karena dengan kerumunan warga yang cukup padat jadi dibuka satu dulu,” tegas dia.

Karena itu pula, PT KAI Daop 1 Jakarta meminta permohonan maaf atas kondisi gangguan operasional perjalanan KA Lintas Gang Sentiong – Pasar Senen. Bahkan demi keselamatan dan keamanan atas kondisi tersebut, listrik aliran atas dimatikan sementara yang menyebabkan layanan operasional KRL terhambat. 

Selain itu, PT KAI Daop 1 bakal mengupayakan secara maksimal. Maksudnya agar dampak kebakaran tidak berimbas pada operasional KA. Saat ini seluruh prasarana pendukung dapat kembali difungsikan untuk dilalui KA. Sebanyak 17 Unit Mobil Pemadam Kebakaran sudah dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. ■ RED/RIO/TAG/EDITOR : GOES

Related posts

Viralnya Pungli di Istiqlal, SENATOR DAILAMI FIRDAUS Himbau Agar Tak Ada Biaya Parkir Tempat Ibadah di Jakarta

Selain Berteknologi Tinggi, KADIS ‘LH’ ASEP KUSWANTO : Pemprov DKI Jakarta Prioritaskan Pembangunan untuk Pengolahan Sampah Berwawasan Lingkungan

Salah Satu Terbesar di Dunia, PJ GUBERNUR HERU BUDI Resmikan Pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Jadi RDF di Rorotan