BERKAT MEMILIKI KEPEDULIAN SOSIAL YANG TINGGI, DESAINER MIGI RIHASALAY RAIH PENGHARGAAN ‘INDONESIA AWARD MAGAZINE 2021’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Tak bisa sembarangan orang bisa meraih penghargaan. Sebab, faktor latar belakang dan aktifitas menjadi alasan kuat. Seperti yang didapat oleh desainer (perancang busana) muda Migi Rihasalay satu ini. Berkat memiliki kepedulian sosial yang cukup tinggi, ia kemudian didapuk kembali untuk mendapatkan penghargaan dari ‘Indonesian Award Magazine 2021‘.

Pada saat menerima penghargaan tersebut, ada hal lain yang amat sangat membanggakan dirinya. Migi Rihasalay justru menerima penghargaan tersebut berbarengan dengan sejumlah tokoh-tokoh (sosok) lainnya yang dinilai concern di bidangnya masing-masing.

Sedangkan Migi sendiri berhasil dipilih, karena prestasinya di bidang kegiatan sosial, dimana dirinya sering mengajak orang untuk kreatif dan produktif. Salah satu aksi nyata adalah Migi baru-baru mengajari sejumlah anak kreatif melukis menggunakan media botol bekas. Botol aneka minuman yang sudah tidak terpakai tersebut, bisa dimanfaatkan menjadi benda seni yang menarik. Migi mengajari anak-anak tersebut secara gratis di Rumah Kreatif Migi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan

Pun tak bisa dipungkiri bahwa raut wajah Migi nampak bahagia atas prestasinya membuahkan penghargan tersebut. Pemberian penghargaan ini dirasakan berbeda oleh Migi, karena menyangkut masalah atau bidang sosial.

“Yang jelas, ini penghargaan kedua yang saya peroleh. Sebab, di tahun lalu, saya juga dapat setelah mempromosikan komunitas Rumah Joglo Tanjung Lesung. Rumah Joglo itu merupakan tempat berkumpulnya para seniman dan desainer,” ungkap Migi saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/12/2021).

Karuan saja sebagai seorang desainer yang banyak mengembangkan etnik Nusantara, Migi pun mengaku bangga dengan penghargaan ini. Pasalnya, hal ini dirasakannya sangat berbeda. “Kalau sebagai desainer sebagai background dan hanya karya. Kalau ditanya lebih besar mana, penghargaan ini lebih masuk ke hati. Karena kita bisa memberikan ilmu kepada masyarakat. Kita juga atas nama seniman Indonesia,” ucap dia, lagi.

Pada tahun 2021 ini, penghargaan diraih Migi setelah dirinya membuat sebuah karya dengan mengumpulkan botol dan mengajak serta anak-anak untuk melukisnya. “Tahun ini, achievement ini saat saya membangun dan berkarya bersama untuk mengumpulkan dan melukis botol. Semua itu saya peroleh dari karya dan interaksi sosial yang kita dapat,” imbuh istri arsitek asal Australia, Andrew James. 

Dengan profesinya sebagai seorang desainer, Migi merasa bangga atas penghargaan tersebut. Juga karena berbeda dengan yang sebelunya. Namun begitu, menurutnya, dua kali menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional, tidak lantas membuatnya puas dan jumawa. Migi justru merasa terlecut untuk semakin meningkatkan kreativitas dan kepedulian sosial. 

Pada sisi lain lagi, karena sebagai desainer sekaligus publik figur, Migi selalu ingin menjadi sosok yang menginspirasi masyarakat lewat kesehariannya yang produktif dan bersahaja. Ia sangat berharap, semoga untuk tahun berikutnya mendapatkan penghargaan lagi. Menurutnya bukan karena pialanya, tetapi melalui penghargaan tersebut menunjukkan bahwa jerih payahnya bermanfaat bagi banyak orang.

“Saya mau terus menggali, mau memotivasi untuk membuat para seniman mengajar agar menularkan ilmunya kepada orang lain. Semoga nanti dapat penghargaan lagi,” harap Migi.

Pasangan Migi Rihasalay dan Andrew James berhasil membangun rumah kreatif di pesisir pantai Tanjung Lesung yang disebutnya sebagai Rumah Joglo. Rumah seni tersebut menjadi ajang kumpul para seniman untuk berkreasi. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Di Situs Rumah Pitung Marunda, BAMUS SUKU BETAWI 1928 Gelar Acara Rowahan Sambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Refleksi Kehidupan Pemulung, SANGGAR HUMANIORA Sukses Gelar Lomba Melukis & Mewarnai

Bersama Cak Imin, Camelia Panduwinata & Rombongan Mulai Melakukan Ziarah ke Makam Wali Songo