PosBeritaKota.com
Syiar

DI MASJID JAMI AL-IKHLAS RW 025 VGH BABELAN BEKASI, KH MUHAMMAD MAKHTUM PIMPIN GELAR ‘MALAM NISFU SYABAN’

BEKASI (POSBERITAKOTA) □ Diawali dengan sholat Maghrib berjamaah lebih dulu, ratusan warga dan jamaah hadir dalam pelaksanaan ‘Malam Nisfu Syaban‘ yang digelar di Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Gerbang Timur Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Kamis (17/3/2022) malam kemarin.

Difasilitasi lembaga Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) bersama Yayasan Al-Ikhlas serta melibatkan kelembagaan Rukun Warga (RW) 025 VGH Kebalen, pelaksanaan ‘Malam Nisfu Syaban‘ berlangsung khidmat dan tertib, karena partisipasi aktif semua pihak di wilayah setempat.

Pada pelaksanaan yang tidak lebih memakan waktu kurang lebih selama satu jam, menghadirkan KH Muhammad Makhtum yang juga dikenal sebagai Ketua Pembina Yayasan Al-Ikhlas. Bahkan diminta kesediaannya memimpin pelaksanaan acara ‘Malam Nisfu Syaban‘ untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H yang menurut kalender nasional jatuh pada Sabtu (2/4/2022) mendatang.

Acara dibuka langsung oleh Ustadz Muhammad Andi yang dilanjutkan pembacaan surah Yassin sebanyak 3 kali. Masing-masing dipandu oleh Ustadz Rojali, Ustadz Wanito dan Ustadz Hafid. Setelah itu diisi ceramah singkat oleh KH Muhammad Makhtum dan sekaligus membacakan doa penutup dari pelaksanaan ‘Malam Nisfu Syaban’. Ikut hadir Ketua RW 025 VGH, Bapak Ujang Dirman.

Dalam ceramah singkatnya, KH Muhammad Makhtum menyampaikan bahwa diri kita diajarkan di dalam malam istimewa atau malam penuh barokah untuk beriktihad “Kita memanjatkan doa di Malam Nisfu Syaban ini. Bahkan, Rassulullah paling suka. Berdoa untuk selanjutnya berpuasa di esok harinya,” ucapnya.

Ditambahkan Kyai Makhtum lebih lanjut, semoga saja kita termasuk hamba Allah SWT dan menjadi umat yang terbaik dari Rassulullah/Baginda Nabi Muhammad SAW. “Tentu, sebaik-baiknya umat. Kita berdoa minta panjang umur, rejeki yang barokah, taat kepada Allah SWT. Juga minta ketetapan imam Islam, diberikan kekayaan hati serta bukan hanya kaya harta benda,” paparnya, menutup ceramah singkatnya.

Setelah proses pelaksanaan ‘Malam Nisfu Syaban‘ selesai, kemudian dilanjutkan dengan sholat bada Isya berjamaah. Selanjutnya lagi, ratusan warga dan jamaah Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 VGH Kebalen, diberi jamuan aneka hidangan bentuk makanan ringan.

Sementara itu berdasarkan Surat Pengumuman Nomor 005/LF-PBNU/III/2022 yang dikeluarkan Lembaga Falakiyah PBNU yang ditandatangani pada 3 Maret 2022, bahwa Nisfu Syaban 2022 jatuh pada hari Jumat, 18 Maret 2022. Bulan Syaban merupakan salah satu bulan istimewa dalam kalender Islam, karena di dalamnya banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan lain.

Selain itu lagi, Syaban juga merupakan bulan kedelapan dalam 12 bulan penanggalan Islam. Sedangkan Nisfu memiliki arti pertengahan. Nisfu Syaban memiliki arti pertengahan bulan Syaban dan diperingati setiap tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam.

Malam Nisfu Syaban pun disebut sebagai malam yang istimewa, karena sejarah mencatat ada banyak peristiwa yang terjadi pada bulan tersebut. Tepat pada malam Nisfu Syaban, umat Islam mengenang sebagai malam diubahnya arah kiblat dari Masjidil Aqsa ke arah Ka’bah.

Amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam pada Nisfu Syaban di antaranya adalah berpuasa, perbanyak istighfar, perbanyak sholawat dan membaca doa pada malam Nisfu Syaban yang merupakan malam pengampunan. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bahas Soal ‘Qonaah’, KHUTBAH JUM’AT PROF OMAN FAHTURAHMAN : Perlunya Menata Hati Mencukupkan Diri

Redaksi Posberitakota

Program Hikmah di Masjid Istiqlal Jakarta, PERUNDUNGAN Perilaku Tak Berbudi & Tak Bertimbang Rasa

Redaksi Posberitakota

Di Malam 10 Muharom 1441 H, KETUM YAYASAN Ustadz HM Makhtum Memimpin Gelar Doa Bersama

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang