26.2 C
Jakarta
28 June 2022 - 07:29
PosBeritaKota.com
Daerah

Akibat Curah Hujan Cukup Tinggi, CIANJUR SELATAN Diterjang Longsor Bikin Jalan Amblas

CIANJUR (POSBERITAKOTA) □ Akibat guyuran hujan selama dua pekan terakhir dan curah yang cukup tinggi semalaman menyebabkan longsor jalan raya di Kampung Kebon Jengjen, Desa Bojong Petir, Kecamatan Tanggeung, Sabtu (18/6/2022) sore kemarin. Tak ayal kejadian tersebut membuat jalan menuju Cianjur Selatan nyaris terputus.

Berdasarkan pantauan POSBERITAKOTA hingga Minggu (19/6/2022) siang, akses jalan ke tempat Wisata Situ Beber tertutup oleh tebing Pos Security Hotel di Ciloto yang ambruk. Situasinya sangat mengkhawatirkan apabila dilewati kendaraan besar, karena hampir separuh jalan tanahnya amblas longsor terbawa rembesan air hujan yang cukup deras.

Ujang (35), warga Desa Bojong Petir, mengaku terpaksa harus menuntun motor saat mau melintas di sekitar lokasi longsor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, nyaris tak berani lewat. Pasalnya, mereka tak mau ambil risiko jika tiba-tiba kondisi jalan amblas.

“Kita semua yang ada di sekitar sini dan mau lewat, kaget karena tiba-tiba mendengar suara gemuruh. Rupanya, ada tanah longsor dan amblas. Separuh jalan sudah terlihat lobang menganga,” kata pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani tersebut.

Sementara itu Kapolsek Tanggeung, AKP Deden, menjelaskan bahwa curah hujan yang cukup tinggi terjadi dalam dua pekan terakhir. Bahkan, hal itu menyebabkan debit air Sungai Cibuni yang membentang di wilayah itu menggerus tebing dan mengakibatkan jalan amblas.

“Sedangkan sebelumnya memang sudah ada retakan pada badan jalan. Kita pun sudah lakukan upaya dengan memasang rambu peringatan bagi pengendara. Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB, Sabtu (18/6/2022) kemarin. Untungnya, tidak ada korban jiwa,” jelas Deden.

Selain itu, menurut Kapolsek Tanggeung, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan instansi terkait. Kemudian menerjunkan personel demi melakukan penanganan atau antipasi terjadinya amblas susulan di lokasi tersebut.

Dinas PUPR provinsi dan kabupaten pun sudah kita hubungi untuk berkoordinasi. Sedangkan untuk sementara bagi kendaraan berat, dilarang untuk melintas,” paparnya, lagi.

Bagi sepeda motor dan kendaraan kecil, masih bisa lewat namun diatur oleh petugas. Jika tidak memungkinan, disarankan para pengendara mencari jalan alternatif,
seperti melalui SukanagaraKadupandak – Patrol. Begitu pula. untuk arus yang dari arah sebaliknya atau selatan menuju Cianjur. □ RED/DONO D/DEVI IR /EDITOR : GOES

Related posts

Bersama Himpunan Mahasiswa, FORPBES & RUMAH PERADABAN Berbagi Masker di Kecamatan Ketanggungan Brebes Jateng

Redaksi Posberitakota

Jabat Bupati Pamekasan ke-32, H BADDRUT TAMAM Bisa Tingkatkan PAD jadi Rp 232,2 Miliar Ditengah Masa Pandemi

Redaksi Posberitakota

BERSAMA VENDOR ’57 PRODUCTION’, KANG WAS PAKAI PRINSIP KERJA BENAR & PROFESIONAL UNTUK KONSTRUKSI PANGGUNG

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang