27.8 C
Jakarta
27 April 2024 - 00:32
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Target 1000 Ekor Hewan, BAZNAS BAZIS DKI Usung Tema Program ‘Qurban Semakin Istimewa’ di Tahun 2022 Ini

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Optimis, Badan Amil Zakat Nasional Badan Amil Zakat Infaq Sedekah (Baznas Bazis) DKI Jakarta menargetkan bisa mendapat 1000 hewan qurban pada perayaan Idhul Adha 1443 Hijriyah tahun ini. Bahkan target yang ingin dicapai ditopang strategi kolaborasi dengan pihak terkait untuk memenuhi target tersebut.

“Harapannya bisa kita capai target 1000 ekor hewan qurban. Ikhtiar kita ini dengan kolaborasi dan mendidik warga. Bahkan, kita berkolaborasi dengan BUMD, Korpri atau elemen masyarakat lain. Tentunya agar target ibadah qurban bisa mencapai 1000 ekor,” tutur Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Dr Akhmad H Abubakar di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Dengan mengusung tema program ‘Qurban Semakin Istimewa‘, menurut Akhmad H Abubakar, nantinya pembagian hewan qurban akan dilakukan secara simbolis kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Bahkan untuk sholat Idhul Adha 1443 Hijriyah tahun ini, juga akan dilaksanakan seperti sholat Idhul Fitri kemarin, yaitu di JIS Tanjung Priok, Jakarta Utara,” paparnya.

Kendati begitu, dijelaskan Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta tersebut, tidak ada pemotongan hewan qurban di JIS. Untuk tahun 2021 lalu, menurut dia lebih lanjut, pihaknya menargetkan 500 ekor hewan qurban, namun yang bisa terealisasi hanya 85 persen. Sedangkan di tahun 2022 ini, bisa tercapai 1000 ekor hewan qurban.

“Untuk pembagian hewan qurban yang kita targetkan, yakni dengan mendistribusikan dalam bentuk daging kaleng, hewan hidup atau dalam bentuk daging segar yang sudah dipotong,” ucapnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Program Kurban Semakin Istimewa Baznas Bazis DKI Jakarta Tb Fatahillah, menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan akan mendapatkan anggaran hingga Rp 14 miliar. Tentu saja agar target 1000 ekor hewan qurban tersebut bisa tercapai. Perincian dananya ditargetkan didapat dari dari masyarakat umum Rp 6,5 miliar, Rp 6,5 miliar lagi dari kolaborator serta dana infaq sedekah dari pelaksanaan sholat Idhul Adha di JIS yang ditargetkan memperoleh Rp 1 miliar.

“Jadi, nantimya daging hewan qurban akan distribusikan ke seluruh pelosok Jakarta. Termasuk ke Kepulauan Seribu dan bagi masyarakat yang membutuhkan. Bahkan, daging yang dikalengkan akan didistribusikan untuk korban bencana. Sebab, itu akan lebih awet,” ujarnya.

Tb Fatahillah berharap besar dan optimis untuk program ‘Qurban Semakin Istimewa‘, targetnya benar-benar bisa terpenuhi. “Kami juga telah memasang backdrop, spanduk di tempat-tempat strategis agar memudahkan masyarakat berkurban melalui Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta,” tutur dia, lagi.

Bagi masyarakat yang akan berqurban melalui Baznas-Bazis DKI Jakarta, dipersilahkan untuk mendatangi posko atau bisa melalui atau mengunjungi online https://baznasbazisdki.id/kurban.

Berikut adalah nomor rekening BCA 0359118181 dan Bank DKI 702 09 3333 30. Sedangkan harga qurban, kambing (18-20 Kg) Rp 2.800.000, 1/7 sapi rendang 25 kaleng @nett 200 gr juga Rp 2.800.000 (perorang) serta Sapi 1 ekor (200-230 kg) Rp 19.600.000. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Apa itu Jabodetabek? Berikut 7 Fakta Menariknya

Wulan Octaviani

Dukung Program Jakarta Halal Tourism, HOTEL BISNIS d’Arcici Diubah Jadi Syariah

Redaksi Posberitakota

Sekalian Beri Arahan ke Pejabat ASN, PEMPROV DKI & BNPT Kompak Menangkal Paham Radikalisme di Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang