27.6 C
Jakarta
3 February 2023 - 06:54
PosBeritaKota.com
Nasional

Untuk Masing-masing Beratnya 600 & 800 Kg, KEMENKOP UKM Amanahkan 2 Ekor Hewan Qurban ke BAZNAS

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Jelang atau H-2 datangnya Hari Raya Idhul Adha 1443 Hijriyah yang identik dengan penyembelihan hewan qurban, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima amanah 2 ekor sapi untuk hewan qurban masing-masing seberat 600 dan 800 Kg dari Kemenkop UKM, Jumat (8/7/2022).

Sedangkan untuk penyerahan hewan qurban dilakukan secara simbolis dari Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim kepada Pimpinan BAZNAS RI KH Achmad Sudrajat L.c MA, bertempat di halaman Kantor BAZNAS Jl. Matraman Raya No. 134 Jakarta Timur, Jumat (8/7) sore.

Dalam kesempatan itu, ikut menyaksikan penyerahan 2 ekor hewan sapi qurban, yakni Sekretaris Utama BAZNAS RI Ahmad Zayadi dan Deputi I Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta.

KH Achmad Sudrajat L.c MA selaku Pimpinan BAZNAS tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada Kemenkop UKM atas kepercayaan penitipan 2 ekor sapi qurban yang masing-masing seberat 600 dan 800 Kg.

Insya Allah, kami akan sampaikan titipan ini kepada kelompok yang sudah ditetapkan dan berhak. Tentunya yang sesuai dengan protap BAZNAS meliputi aman syari, aman regulasi dan aman NKRI. Semoga menjadi pahala seluruh jajaran Kemenkop UKM serta penggerak koperasi. Dan, ini mudah-mudahan menjadi momentum untuk menguatkan kebersamaan,” tuturnya.

Bahkan, masih menurut keterangan KH Achmad Sudrajat, melalui kegiatan yang dilakukan ini, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan serta untuk memulihkan roda perekonomian. “Termasuk untuk meningkatkan kolaborasi para penggerak koperasi dengan BAZNAS sebagai upaya memberdayakan masyarakat,” tegas dia, lagi.

Dikatakan bahwa terhadap kedua hewan qurban yang diserahkan ini, bakal dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), dimana sudah menjalin kerjasama dengan BAZNAS. “Sudah ada koordinasi dengan Pemda terkait pemotongan hewan ini. Termasuk, ada RPH yang memang merupakan binaan BAZNAS,” ungkapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kementerian Koperasi UMKM, Arif Rahman Hakim, menuturkan bahwa untuk hewan qurban yang diserahkan setara dengan berat 600 dan 800 Kg.

“Namun begitu, sapi yang diserahkan ini sudah melewati pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan. Sedangkan untuk sapi itu sendiri asalnya dari Boyolali, Jawa Tengah,” kata Arif.

Lebih lanjut Arif menuturkan bahwa
Kemenkop UKM kali ini membantu salah satu koperasi binaan, Kopin yang beranggotakan sekitar 600 orang, tentu saja untuk menyalurkan kurban mereka. “Karena itu, kami percaya bahwa BAZNAS sebagai lembaga resmi akan mampu menyalurkan zakat kami,” bilangnya, mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Tanah Longsor & Pohon Tumbang, KOTA BATU Tutup Total Jalan Payung II

Redaksi Posberitakota

Saat Digelar G-20 di Bali, KORLANTAS POLRI Himbau Masyarakat Jangan Parkir di Pinggir Jalan

Redaksi Posberitakota

Jelang Munas, POSISI GOLKAR Jadi Variabel Penting dalam Pemerintahan Jokowi-Mar’uf

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang