30.3 C
Jakarta
27 November 2022 - 12:47
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Rindam Jaya Jaktim, ARIZA Tutup Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelombang ke-2 Tahun 2022

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Komandan Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia, Ahmad Riza Patria (Ariza), secara resmi menutup kegiatan Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelombang ke-2 Tahun 2022. Sedangkan kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Rindam Jaya, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, sejak 14-20 Nopember 2022 kemarin.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, program Pendidikan Dasar Militer tersebut dapat memberikan bekal pengetahuan, kedisiplinan dan pengetahuan dan pendidikan dasar militer bagi anggota Menwa Jayakarta.

“Bahkan, melalui pendidikan ini akan membentuk jiwa patriot dan Cinta Tanah Air serta Jiwa Nasionalisme bagi para anggota Menwa,” tegas Ariza, Minggu (20/11/2022).

Pada bagian lain, Ariza juga berharap bagi anggota Menwa, seusai mengikuti Pendidikan Dasar Militer di Rindam Jaya ini dapat mengabdi di lingkungan kampus dan masyarakat. “Tentu saja sesuai dengan tupoksinya sebagai anggota resimen mahasiswa,” ucap dia, lagi.

Sementara itu Komandan Bela Negara (Danbelneg) Kodam Jayakarta, Letkol Inf Adji Santoso yang mewakili Komandan Rindam Jaya Jayakarta Kolonel Inf Ayub Akbar, mengatakan bahwa Pendidikan Dasar Militer kepada para anggota Menwa sangat banyak manfaatnya. “Bahkan, melalui pendidikan ini akan membentuk sikap, mental dan perilaku serta berjiwa Pancasila, memiliki keterampilan serta memiliki kesegaran jasmani yang prima,” tegas Adji.

Ditambahkan Adji bahwa program menekankan bahwa Pendidikan Dasar Militer bagi resimen mahasiswa (Menwa) ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menanamkan Rasa Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan serta Kesadaran Bela Negara.

“Untuk itu, peserta diklat sebagai kader bangsa, diharapkan mampu berperan aktif meningkatkan kedisiplinan, rasa nasionalisme, guna terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa yang kuat,” imbuhnya.

Selain itu lagi, masih menurut Adji, Pendidikan Dasar Militer bagi resimen mahasiswa (Menwa) ini harus mampu menjembatani aspirasi yang berkembang di masyarakat dan dapat mewujudkan suasana kehidupan yang kondusif serta memberikan kontribusi dalam menumbuh – kembangkan cita-cita untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Namun berdasarkan acuan tersebut di atas, maka keberadaan saudara sebagai Resimen Mahasiswa Jayakarta diharapkan mampu menyumbangkan konsep, ide, gagasan dan pemikiran serta inovasi untuk kepentingan bangsa dan negara,” tutur Aji dalam keterangannya kepada awak media.

Sedangkan Komandan Menwa Jayakarta, Raden Umar, menegaskan bahwa Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelombang ke-2 Tahun 2022, diikuti sebanyak 200 orang dari 21 perguruan tinggi (PT) yang terdiri dari Skomenwa Jayakarta, Skomenwa Maharatan (Lampung) dan Skomenwa Mahakarta (DI Yogyakarta).

“Oleh karenanya, kami berharap para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini akan menjadi generasi penerus bangsa yang semakin baik ke depannya,” ucap Umar, mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sepekan Jelang Lebaran, JALUR KALIMALANG Sudah Ramai Dilewati Pemudik Motor

Redaksi Posberitakota

Cek Ketersedian Sembako di Bulan Puasa, ANIES Sidak ke Pasar Induk Kramat Jati

Redaksi Posberitakota

Antipasi Maraknya Produk Abal-abal, PEMPROV DKI Jalin MoU dengan 13 Lembaga Sertifikasi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang