27.3 C
Jakarta
17 April 2024 - 05:45
PosBeritaKota.com
Daerah

Aksi Peduli Balkoters, KETUA SAMMY EDWARD WATIMENA DKK Kirim Bantuan Langsung & Turba ke Cianjur

CIANJUR (POSBERITAKOTA) □ Raut wajah sumringah (senang dan bahagia) nampak terpancar dari kalangan ibu-ibu dan anak-anak, manakala didatangi rombongan wartawan Koordinatorat Balaikota-DPRD DKI Jakarta (Balkoters), akhir pekan lalu. Aksi mulia yang mengedepankan sikap kepedulian sosial tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua Balkoters Sammy Edward Watimena dan sejumlah kawan-kawan jurnalis (wartawan).

Kedatangannya itu selain membawa sejumlah bantuan yang sangat dibutuhkan, juga menyasar atau Turba (turun ke bawah) langsung bagi penyintas gempa yang berlokasi di Kampung Lembur Sawah RT 01/04, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang terjadi pada 21 Nopember silam.

“Kami datang untuk mengirim bantuan ini, karena ingin meringankan beban saudara-saudara yang tertimpa bencana gempa dahsyat di Cianjur. Sebab, mereka masih banyak berada di tenda-tenda pengungsian dan ada pula yang sudah menempati kembali rumahnya. Namun faktanya masih kesulitan terutama di dalam pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari,” jelas Sammy kepada POSBERITAKOTA, Selasa (20/12/2022) kemarin.

Dijelaskan Sammy lebih lanjut bahwa bantuan yang diberikan terdiri dari 11 item. Antara lain meliputi beras, minyak, mie instan, pakaian, obat-obatan, snack, kebutuhan Balita, pembalut wanita, perlengkapan mandi, selimut hingga sepatu. “Selain itu, kami juga mengadakan layanan psikososial. Memberikan semacam trauma healing bagi anak-anak penyintas gempa Cianjur,” ucap dia.

Karenanya, kembali diungkapkan Sammy bahwa dengan adanya bantuan ini, warga penyintas gempa Cianjur khususnya anak-anak bisa terus bersemangat dalam menjalani kehidupan. “Tentunya, agar mereka tidak merasa sendirian. Kami sebagai saudara-saudara yang ada di Jakarta, justru mau ikut peduli dan memberikan perhatian,” tegasnya, lagi.

Sementara itu Ketua RT 01/04, Kampung Lembur Sawah, Desa Sukamanah, Wawan tak lupa mengucapkan terima kasih tak terhingga, tentu saja dengan adanya bantuan yang diberikan para wartawan Ibukota Jakarta (Balkoters).

“Yang jelas, adanya bantuan ini masih sangat diperlukan, karena warga masih banyak tinggal di lokasi pengungsian dan belum dapat beraktivitas atau bekerja sebagaimana biasa. Mewakili warga, saya ingin mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Semoga Allah SWT memberikan balasan setimpal atas kepedulian terhadap warga di sini,” tandasnya.

Patut diketahui bersama berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) per 1 Desember 2022 terdapat korban meninggal sebanyak 328 jiwa dan 12 lainnya yang masih dinyatakan hilang dan masuk Daftar Pencarian (DP) akibat gempa berkekuatan 5,6 Magnitudo pada 21 November 2022.

Sedangkan jumlah warga yang mengungsi tercatat mencapai 109.386 jiwa (39.521 KK). Bahkan, mereka tersebar di 451 titik dengan rincian 351 di pos-pos pengungsian terpusat dan sisanya mandiri.

Ikut mendampingi Ketua Balkoters Sammy Edward Watimena (media Harian Terbit) ke lokasi bencana di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mereka antara lain terdiri dari Rizky (RRI), Potan (media Teras Jakarta), Zaber dan ImamBocor‘ (media Radar Nonstop), Ajat (media Dekannews), Billy (media Harian Umum) dan Asrofi (media Merah Putih.com).

Menarik mengutip materi ceramah yang pernah disampaikan penceramah kondang, Ustadz Aa Gym. Bahwa selangkah atau sedetik pun, jika kita berada di tanah bencana alam untuk ikut peduli dengan sesama saudara yang sedang tertimpa kesusahan, tak akan hilang atau tertukar dalam catatan perbuatan maupun amal baik. Kelak di akhir zaman bakal dapat ganjaran yang setimpal. Aamiin YRA. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

DAPAT PERSETUJUAN SRI SULTAN HB X, KAWASAN MALIOBORO YOGYAKARTA BAKAL JADI PUSAT ATRAKSI SENI BUDAYA

Redaksi Posberitakota

Diujung Pengabdian, KANG EMIL Terima Penghargaan Darma Sahara Utama dari PWI Cabang Jabar

Redaksi Posberitakota

Maestro, BAAS CIHNO SUEKO Berjuang Selama 43 Tahun Menjadikan Tarian Sebagai Bentuk Ekonomi Kreatif

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang