PosBeritaKota.com
Megapolitan

Diskusi & Gandeng Sekjen Kementerian Luar Negeri, PJ GUBERNUR DKI Sinergi Demi Suksesan KTT ASEAN 2023 di Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Di tahun 2023 ini, Indonesia kembali memegang posisi penting dalam forum internasional, yakni sebagai Ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Sedangkan DKI Jakarta terpilih sebagai tuan rumah diselenggarakannya perhelatan internasional tersebut.

Dalam rangka mempersiapkan hal itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Kementerian Luar Negeri RI. Bahkan, menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI, Cecep Herawan dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Andy Rachmianto di Balai Kota Jakarta, Jumat (6/1/2023).

“Pada hari ini, kami berdiskusi mengenai kesiapan KTT ASEAN 2023. Baik itu terkait infrastruktur maupun lokasi yang harus dihadiri oleh para Kepala Negara,” tutur Heru.

Namun seusai mengadakan pertemuan, PJ Gubernur Heru menerangkan bahwa agenda berikutnya adalah mengecek beberapa lokasi yang nantinya dikunjungi oleh para Kepala Negara. “Untuk agenda selanjutnya akan dilakukan dengan Bu Menlu dan kementerian terkait. Kami akan keliling,” terang dia.

Sedangkan Sekjen Kementerian Luar Negeri, Cecep Herawan, mengatakan bahwa mulai Januari 2023 ini, Indonesia sudah menjadi Ketua ASEAN. Dengan semangat keketuaan ASEAN, pihaknya ingin masyarakat juga bisa merasakannya.

Sebab itu, tambah Cecep, karena Provinsi DKI Jakarta tentunya yang paling besar, kita ingin juga memohon dukungan dari Pak Pj Gubernur. Perlu sinergi bagaimana kita mulai sosialisasikan bersama terkait keketuaan ASEAN ini.

“Pastinya, kami di Kementerian juga sedang melakukan penjajakan terkait nanti penyelenggaraannya, karena waktunya sangat singkat sampai September nanti. Kita ingin menjajaki dulu bersama Pak Pj Gubernur hal-hal apa yang bisa kita kaitkan bersama dalam mendukung kesuksesan keketuaan ASEAN 2023,” tutur Cecep, lagi.

Ditambahkan dia bahwa ada dua hal yang perlu disukseskan. Pertama, mengenai substansi, tentang apa yang bisa diberikan ke masyarakat dan ASEAN secara kawasan. Kedua, bagaimana memanfaatkan keketuaan ASEAN untuk menunjukkan kemajuan Indonesia.

“Pertemuan ASEAN ini sepanjang tahun akan banyak, sekitar 2.000 lebih dan mayoritas pertemuan ini akan di Jakarta. Kenapa, karena ASEAN sekretariat ada di Jakarta. Kita akan mendorong ASEAN Sekretariat sebagai tuan rumah. Oleh karena itu infrastruktur sekitarnya bagus, mendukung juga. Makanya peran Pak Gubernur dan jajaran sangat krusial, bagaimana memastikan rangkaian pertemuan ini berjalan dengan baik di Jakarta,” tutur dia. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Terbawa Angin Barat, LAUTAN SAMPAH di Pesisir Jakarta Datang dari Bekasi-Tangerang-Lampung

Redaksi Posberitakota

Bersihkan Sampah Kali Serasa Tak Pernah Habis, KINERJA KERAS PJLP UPK DLH DKI Jakarta Sesuai SOP Layak Dihargai

Redaksi Posberitakota

Agar Jangan Mengganggu Masyarakat, SATPOL PP Tak Perbolehkan Tempat Hiburan Malam Buka Selama Ramadhan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang