PosBeritaKota.com
Daerah

Masuk Paruh Januari 2023, KOTA HUJAN BOGOR Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5

BOGOR (POSBERITAKOTA) □ Meski sudah memasuki paruh (pertengahan) bulan Januari 2023, bencana banjir dan gempa masih menjadi ancaman serius bagi wilayah Indonesia. Dari kabar terbaru, Kota Hujan (Bogor) baru saja diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 5, Minggu (15/1/2023) atau pada dinihari WIB tadi.

Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan bahwa gempa bumi itu terjadi sekitar 25 kilometer Barat Laut Kota Bogor, Jawa Barat. Sedangkan episentrum gempa bumi berpusat pada kedalaman 132 kilometer pada pukul 03.32,19 WIB.

Sedangkan titik koordinat getaran gempa berada di 6.52 Lintang Selatan (LS) dan 106.58 Bujur Timur (BT). Namun pihak BMKG mengabarkan bahwa gempa berkekuatan Magnigudo 5 tersebut, tidak berpotensi Tsunami.

Selain itu, BMKG juga mencatat terjadinya gempa di tempat yang berbeda tapi dengan waktu yang nyaris bersamaan (hanya berbeda detik) dengan Magnitudo 4,9.

Gempa bumi tersebut terjadi pukul 03.32,18 WIB sekitar 26 kilometer Tenggara Kabupaten Tangerang, Banten dengan kedalaman 151 kilometer. Lokasinya gempat ini berada di 6.50 Lintang Selatan (LS) dan 106.53 Bujur Timur (BT).

Bahkan melalui akun Twitter @infoBMKG, disebutkan dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat kecuali telah dianalisis ulang seismolog. ■ RED/A.JOHAN/EDITOR : GOES

Related posts

Niat Bikin Marketplace Khusus Rempah, CAMELIA P. LUBIS Sebut Inisiatif Arsenal Bisa Majukan Perekonomian Negara

Redaksi Posberitakota

Harapan Ketua DPRD, PJ WALIKOTA BEKASI Kelak Bisa Jaga Netralitas di Gelaran Pileg & Pilpres 2024

Redaksi Posberitakota

Sebelumnya Pernah Beri Bantuan Rp 1 Milyar, GUBERNUR JABAR Resmikan Masjid Jamie Al – Karomah di Indramayu

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang