PosBeritaKota.com
Megapolitan

Saat Buka Forum RKPD, PJ GUBERNUR HERU BUDI Beri Penegasan Arah Kebijakan Pembangunan Jakarta di Tahun 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Sebagai upaya memantik dan sekaligus melibatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI menggelar Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di tahun 2024, bertempat di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Dalam acara tersebut ikut hadir wakil dari Kementerian/Lembaga, Forkopimda, DPRD, Perangkat Daerah, para Pakar, Perguruan Tinggi, Organisasi Internasional, NGO serta Organisasi Kemasyarakatan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan atau memberi penegasan soal arah pembangunan Kota Jakarta adalah peningkatan ketahanan kota melalui penguatan ekonomi dan pemantapan kualitas pelayanan dasar. “Namun arah kebijakan tersebut sesuai dengan perencanaan dalam dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026,” ucapnya.

Dalam pandangannya, Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024 ini menjadi kesempatan yang baik bagi Pemprov DKI dan seluruh pemangku kepentingan untuk saling berkolaborasi, bersinergi dan sekaligus berbagi masukan.

Karena itulah, Pj Gubernur DKI meminta masukan dari seluruh pemangku kepentingan untuk menjadi bahan dalam penyempurnaan perencanaan pembangunan Jakarta di tahun 2024. “Tapi, masukan tersebut dapat disampaikan, baik melalui forum ini maupun melalui kanal-kanal lain yang kami sediakan,” tambah dia.

Dijelaskan Pj Heru lebih lanjut bahwa perekonomian DKI Jakarta pada tahun 2022 tumbuh 5,25 persen (c-to-c) dan inflasi terjaga pada kisaran 3+1 persen (y-o-y). Capaian pada tahun 2022 ini tentunya merupakan kabar baik di tengah prakiraan perlambatan ekonomi pada tahun 2023. Perekonomian Jakarta juga diproyeksikan tumbuh 6,4 persen pada tahun 2024.

Meski begitu, Jakarta sebagai Kota Global perlu sigap dalam mengantisipasi kemungkinan penurunan kondisi perekonomian dampak dari konflik internasional. “Menyikapi kondisi tersebut maka ketahanan Jakarta dalam menghadapi berbagai kondisi sangat diperlukan,” ujarnya..

Melalui acara tersebut, Pj Gubernur Heru berpesan kepada Kepala Perangkat Daerah untuk memastikan program pembangunan daerah yang direncanakan harus mampu memacu pertumbuhan yang berkualitas baik di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.

Sehingga target pembangunan 2024 tercapai dengan efektif dan efisien. Program prioritas meliputi penanganan banjir, kemacetan, tata ruang, hingga penanganan kemiskinan ektrem dengan target 0% di tahun 2024, serta target angka stunting turun di bawah 5%.

“Jadi, pastikan semua usulan anggaran yang dialokasikan untuk belanja daerah. Tidak hanya mencapai output, namun juga harus mencapai outcome dan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak, serta memedomani prinsip-prinsip efisiensi dan efektivitas anggaran belanja. Juga merumuskan program kegiatan yang berpotensi didanai dengan skema pendanaan atau pembiayaan selain APBD. Dengan demikian percepatan pembangunan daerah dapat terakselerasi,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, turut hadir Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Uus Kuswanto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Atika Nur Rahmania, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Arlyana Abubakar, jajaran Wali Kota 5 wilayah dan Bupati Kepulauan Seribu serta jajaran pimpinan DPRD DKI dan Forkopimda DKI. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Janji Kurangi Postingan di Medsos, WAGUB SANDI Tunaikan Umroh di Bulan Ramadhan

Redaksi Posberitakota

Marina Mundur, JOHAN ROMADHON Dilantik jadi Dirut PD Dharma Jaya

Redaksi Posberitakota

Kerusakan Meluas, LURAH KEBALEN Minta Perbaikan Jalan Raya Perjuangan Babelan Dipercepat

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang