Perkuat Sinergi Tangani Kemacetan di Jakarta, PEMPROV DKI Gelar Apel ‘Operasi Lintas Jaya 2023’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Problem kemacetan lalulintas di Jakarta jadi concern dan prioritas utama bagi Pemprov DKI. Sebagai upaya memperkuat sekaligus mengawal aspek keselamatan, ketertiban dan kelancaran mobilitas warga Jakarta, perlu dilakukan sinergitas dalam menanganinya.

Karena itu pula, Pemprov DKI bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, menggelar apel ‘Operasi Lintas Jaya 2023‘ di Lapangan Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023). Setelah status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut, tentu harapan masyarakat ingin lalulintas kembali normal.

Sedangkan untuk apel gabungan tersebut, dipimpin langsung oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Marullah Matali. Acara itu dihadiri oleh 1.039 personel gabungan yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, TNI dan Polri. Apel ini mengusung tema ‘Sinergi Menangani Kemacetan Lalulintas’.

Menurut Marullah bahwa ‘Operasi Lintas Jaya 2023‘ ini menyasar kendaraan-kendaraan yang parkir liar dan berkondisi tidak layak jalan/beroperasi. “Apel ini rutin dilakukan, apalagi PPKM sudah dicabut. Saat ini jalanan sudah pulih kembali, sehingga perlu adanya upaya-upaya menjaga ketertiban, keselamatan dan keamanan. Hal ini termasuk aspek kelayakan kendaraan bermotor yang memiliki peranan penting dalam mengawal terwujudnya keselamatan bertransportasi,” ujar Marullah.

Namun berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, tercatat sebanyak 38.432 kendaraan yang ditindak dalam Operasi Lintas Jaya pada 2020, disusul 47.663 kendaraan pada 2021 dan 103.966 kendaraan pada 2022. Dalam operasi tahun ini, petugas gabungan akan disebar ke-40 koridor jalan utama. Bersama dengan itu, juga akan dilakukan Operasi Dinamis yang disesuaikan berdasarkan laporan dari masyarakat.

“Oleh karenanya, saya sangat apresiasi Tim Operasi Lintas Jaya yang telah melakukan penindakan terhadap pelanggaran dalam tiga tahun terakhir. Bahkan, kami menghimbau para petugas yang diterjunkan dalam Operasi Lintas Jaya agar bertindak humanis dan edukatif. Sehingga, dapat menumbuhkan kesadaran warga untuk selalu tertib memenuhi persyaratan keselamatan serta keamanan lalu lintas di jalan,” tegas Marullah, menambahkan.

Masih dalam kesempatan yang sama Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung agar situasi di Jakarta aman dan lancar.

“Terkait parkir liar, kita ada kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Dari sana, kita akan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, termasuk sanksi tilang bagi para pengendara yang melanggar,” ucapnya, mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Target Masuk 5 Besar, SEKDA DKI JOKO AGUS SETYONO Melepas Kontingen Jakarta ke Ajang PEPARNAS XVII

Dari 5 Diamankan, POLISI Tetapkan 2 Tersangka Kasus Pembubaran Paksa Diskusi Diaspora

Buntut Acara Kemang Jaksel, POLISI Sudah Amankan Para Pelaku Pembubaran Paksa Diskusi Diaspora