26.9 C
Jakarta
18 April 2024 - 23:57
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Kopi Timur Duren Sawit Jaktim, FORUM JAKARTA KITA Bikin Diskusi Terbuka Soal ‘Rebutan Podium Politik Formula E’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pada saat mulai dari tahap persiapan, kemudian pelaksanaan dan bahkan sampai pasca digelarnya pun, ajang balap mobil listrik berkelas Internasional ‘Formula E’ di tahun 2022 lalu di Jakarta selalu nyaring jadi bahan pembicaraan hangat. Malah muncul silang pendapat, perihal ada atau tidaknya, kerugian negara dalam perhelatan bergengsi tersebut.

Bagamana kelanjutannya? Nah, jika sesuai dengan rencana, Jakarta e-Prix 2023 atau Formula E bakal kembali diselenggarakan pada 3 dan 4 Juni 2023 mendatang, masih di Jakarta International e-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara.

Seperti kita ketahui bahwa gelaran balap mobil listrik tahun lalu, tensi di luar sirkuit justru lebih panas. Sama halnya ketika terpilihnya Bobby Nasution dan Prasetio Edi Marsudi dalam keanggotaan steering committee panitia penyelenggara Jakarta e-Prix 2023 (Formula E) mendatang.

Tapi, apa lacur? Setelah 24 jam mendapat kritikan pedas dari sana-sini, termasuk oleh warganet, Prasetio yang terlihat paling menentang gelaran Formula E di zaman Anies Baswedan, kemudian memilih mundur teratur dan ogah mengurusi penyelenggaraan ajang balap mobil listrik tersebut.

Sama dengan sikap Bobby Nasution yang dikenal sebagai menantu Presiden Jokowi, ikutan ‘lempar handuk‘ alias mundur, setelah beberapa hari kemudian. Goreng – menggoreng lewat pemberitaan di media massa, boleh jadi akan terus menjadi issue seksi.

Tak ayal lagi bahwa di saat Anies Rasyid Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta, suasana perpolitikan lebih kental lantaran ada penolakan untuk penyelenggaraan ajang balap mobil listrik ini dari PDIP dan PSI. Bahkan, sempat ada rencana interpelasi atau pemanggilan terhadap Anies di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun saat ini, sejumlah politikus kembali nimbrung dalam gelaran Formula E. Dua di antara mereka yaitu Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI) hingga Ahmad Sahroni (Politisi Partai NasDem).

Hanya saja yang tak kalah menarik adalah rencana gelaran Formula E 2024 di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Medan Merdeka Selatan yang justru di zaman Anies sebagai orang ‘nomor satu’ di DKI Jakarta – pernah diusulkan tapi ditolak Pemerintah Pusat.

Naga-naganya belum berhenti sampai di situ? Lalu, bagaimana nasib Formula E yang lebih kental nuansa politisnya? Karena itu, Forum Jakarta Kita (ForJak) bikin diskusi terbuka dengan mengusung tema : ‘Rebutan Podium Politik Formula E’. Sedangkan acara itu sendiri, digelar Senin (20/3/2023) atau hari ini mulai pukul 14.00 WIB dan bertempat di Kopi Timur, Jalan Pondok Kelapa Raya, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Penasaran? Datang dan simak perbincangan hangatnya bersama Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli, Ketua DPP PSI Andre Vincent Wenas dan Ketua Fans Formula E Indonesia Mohammad Rahul Farhan. Ajang diskusi bakal dipandu redaksi Kantor Berita Politik RMOL Ahmad Alfian. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

INTINYA UNTUK LAYANI MASYARAKAT, POLDA METRO JAYA SIAP AMANKAN AKSI BURUH DI KANTOR KEMENAKER HARI INI

Redaksi Posberitakota

Di Gedung Rupatama, KAPOLRI Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolda Metro Jaya

Redaksi Posberitakota

Antisipasi Covid-19, ANIES Umumkan Masjid di Jakarta Tiadakan Sholat Jumat Selama Dua Minggu

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang